Bank Kota Bogor Bakal Gunakan Bank Tanpa Kartu

by -26 views
ILUSTRASI: BPR Bank Kota Bogor saat melayani nasabah. Rencananya, Bank Kota Bogor bakal menggunakan ATM tanpa kartu untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah.

Inovasi terus dilakukan BPR Bank Kota Bogor untuk meningkatkan pelayanan publik. Yang terbaru, dalam waktu dekat perusahaan pelat merah ini bakal menggunakan ATM Cardless atau tanpa kartu.

METROPOLITAN – Kepala  Satuan Kerja Audit Internal (SKAI) BPR Bank Kota Bogor, Bambang Sulistyo, mengatakan, terobosan ini dilakukan untuk mempermudah nasabah BPR melakukan transaksi tarik tunai di ATM tanpa kartu. Saat ini pihaknya masih menunggu sistem dari vendor sambil membangun infrastrukturnya terlebih dulu. “Mudahmudahan setelah Lebaran bisa terpasang ATM-nya. Tapi nanti kita uji coba dulu sebelum mulai dioperasikan,” ujarnya.

Rencananya, Bank Kota Bogor membuat empat hingga enam ATM terlebih dulu. ATM ini khusus nasabah Bank Kota Bogor yang fungsinya hanya menarik tunai dan mengecek saldo. Sejauh ini, Bambang mengaku sudah ada beberapa opsi lokasi meski belum ditetapkan pasti. Opsi tersebut yakni di Balai Kota Bogor, kantor BPR Bank Kota Bogor atau minimal di setiap kecamatan disediakan satu ATM.

“Yang pasti tempatnya harus strategis untuk mendekatkan pelayanan Bank Kota Bogor kepada masyarakat, khususnya nasabah Bank Kota Bogor,” terangnya. Selain itu, inovasi ini sebagai langkah menjawab persaingan industri perbankan yang semakin kompetitif di era teknologi digital banking. Terobosan ini sekaligus upaya BPR Bank Kota Bagor dalam melakukan ekspansi usaha yang lebih luas.

Menurut Bambang, terobosan berbeda ini diambil karena dianggap lebih mudah dan aman. Pengguna tak perlu lagi kartu dan setiap kali transaksi PIN-nya akan selalu berubah dan berbeda. “Itu yang membuat nomor PIN-nya tidak bisa dicuri. Selain itu, ATM BPR Bank Kota Bagor juga tidak diperkenankan melakukan arus pembayaran uang. Jadi, tak ada istilah transfer hanya untuk tarik saldo dan cek saldo,” tandasnya. (hb/fin/py)