BAWASLU KOTA BOGOR TANGANI 30 DUGAAN PELANGGARAN

by -15 views

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bogor mencatat ada 30 dugaan pelanggaran yang ditangani selama pemilu 2019 hingga 10 Mei 2019. Jumlah tersebut didominasi laporan masyarakat yang jumlahnya mencapai 25 dugaan pelanggaran, sementara temu­an Bawaslu hanya ada lima dugaan pelanggaran.

INFORMASI yang dihimpun, dari 30 dugaan pelanggaran, dugaan pelang­garan pidana paling banyak dengan 24 kasus. Sementara sisanya sebanyak enam kasus merupakan dugaan pelang­garan administrasi pemilu.

Dari jumlah tersebut, temuan yang teregister sampai ke Bawaslu sebanyak lima kasus. Laporan yang teregister sebanyak sembilan kasus dan yang tidak teregister karena tidak memenuhi syarat paling banyak terjadi dengan jumlah mencapai 16 laporan.

Sementara itu, penanganan laporan yang dihentikan sebanyak tujuh kasus dan penanganan yang sedang berlangs­ung sebanyak dua kasus. Dengan rin­cian satu laporan dihentikan pada rapat pembahasan pertama Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gak­kumdu), tiga laporan dihentikan di rapat pembahasan kedua, satu laporan dihentikan pada rapat pembahasan ketiga, satu laporan dihentikan karena para pihak berdamai dan satu laporan diputus melalui putusan acara cepat pelanggaran administrasi pemilu.

“Jumlah dugaan pelanggaran ini ter­jadi selama masa tahapan pemilu, termasuk setelah proses pungut-hitung,” kata Komisioner Bawaslu Kota Bogor Firman Wijaya. (fin/run)