PELATIHAN: Baznas dan Bukalapak menggelar pelatihan UKM Goes to Digital dalam mendorong terbukanya pasar yang lebih luas.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengoptimalkan implementasi program pemberdayaan masyarakat. Seperti menggandeng Bukalapak untuk melatih Usaha Kecil dan Menengah (UKM), ZMart untuk pedagang ritel mikro, pelatihan melukis untuk anak-anak pemulung dan pelatihan pengolahan ikan bandeng untuk istri nelayan.

METROPOLITAN  – ”Program ’UKM Goes to Digital’ itu diikuti 150 mustahik binaan Baznas se-Jabodetabek,” ujar Manajer Pemberdayaan Ekonomi Baznas, Eka Budi Sulistyo, Rabu (22/5). Eka menjelaskan, Baznas melalui Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) telah melakukan kegiatan pembinaan kepada mustahik melalui program mustahik pengusaha, yakni program pemberdayaan ekonomi untuk mustahik produktif yang akan menjalankan usaha atau sudah menjalankan usaha dari berbagai jenis produk.

”Dari kategori usahanya, program ini bertujuan mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jenis usaha yang dijalankan ini berupa usaha skala rumah tangga seperti olahan makanan, makanan kering, kue, processing produk turunan hasil pertanian, peternakan, perikanan. Juga, industri kreatif seperti batik, ukiran, konveksi, kerajinan tangan, desainer, periklanan, kesenian dan arsitektur,” bebernya.

Mustahik dalam mengembangkan usahanya, sambung dia, diberikan tambahan modal dan pendampingan usaha. ”Pendampingan usaha ini untuk memperbaiki kualitas produk, pemasaran dan pengembangan usaha. Selain itu, mustahik juga didorong memiliki kemampuan menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda atau kemampuan kreatif dan inovatif,” ujarnya.

Menurut Eka, pengembangan UMKM ini perlu terus ditingkatkan untuk menopang penyelesaian masalah kemiskinan di Indonesia. ”Dengan hadirnya pengusaha baru, maka akan semakin terbukanya lapangan pekerjaan. Namun dalam pengembangan usaha selalu ada tantangan yang dihadapi mustahik, yakni dalam menjaga kualitas produk dan meningkatkan pemasaran produknya,” bebernya.

Eka menambahkan, pelatihan ini bertujuan agar upaya Baznas mendorong terbukanya pasar lebih luas. Melalui _marketplace_ di Indonesia saat ini, hubungan antara penjual dengan pembeli semakin dekat dan luas menjangkau seluruh Indonesia. (sin/feb/py)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here