Berkah Caleg Terpilih

by -

METROPOLITAN – Bulan  Ramadan menjadi bulan berkah bagi kita semua. Apalagi bagi para caleg yang berhasil menduduki kursi-kursi wakil rakyat. Khusus di Kota dan Kabupaten Bogor, KPU sudah sah mengetuk palu penghitungan suara pemilu 2019. Ada daftar nama orang-orang yang bisa mengubah status dari caleg menjadi anggota legislatif terpilih di DPRD Kota dan Kabupaten Bogor.

Total ada 105 orang yang terpilih. Di Kota Bogor, anggota DPRD nantinya didominasi kader-kader PKS. Sebagai juara pileg, PKS berhasil merebut sebelas kursi atau sekitar 22 persen dari jumlah kursi yang tersedia. Lain hal di Kabupaten Bogor. Partai Gerindra menjadi pemenangnya. Jabatan strategis ketua dewan bakal disandang salah seorang kader partai besutan Prabowo Subianto.

Jika melihat daftar caleg terpilih, banyak muka-muka baru yang lebih dipercaya masyarakat ketimbang incumbent. Artinya banyak caleg lama yang keberadaannya di parlemen kurang memberikan manfaat. Kurang berkah. Sementara rakyat lebih cerdas dan menginginkan perubahan. Mungkin mereka juga menganggap fungsi pengawasan terhadap eksekutif atau pemerintah daerah tidak maksimal sehingga lebih memilih muka baru yang membawa harapan baru.

Rakyat telah memilih. Caleg terpilih bakal segera dilantik. Tim sukses atau relawan caleg pun semringah. Sebagian dari mereka sudah menggelar syukuran. Tapi dari gedung antirasuah, KPK mengingatkan calegcaleg terpilih wajib menyetorkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Ada waktu sekitar tujuh hari mereka melaporkan kekayaannya kepada KPK. Kalau pelaporan belum dilakukan, jelas Juru Bicara KPK Febri Diansyah, mereka tidak bisa dilantik. Pelaporan ini disebut salah satu bukti transparansi karena selama lima tahun ke depan mereka akan menjadi pejabat negara.

Untuk caleg terpilih nanti, selamat bekerja sesuai tugas dan fungsinya. Sabar menunggu penetapan resmi KPU. Sabar menunggu jadwal pelantikan. Kepada tim suksesnya, ingatkan caleg terpilih tidak hanya menjalankan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan saja. Tetapi dari sekarang ingatkan juga untuk menyetorkan laporan harta kekayaan.

Rakyat yang telah memilih hanya bisa menunggu manfaat dari keberadaan mereka yang duduk nyaman di kursi empuk wakil rakyat. Momentum Ramadan yang penuh berkah ini diharapkan selalu caleg terpilih bisa membawa kebaikan. Karena sejatinya keberkahan itu karunia Tuhan yang membawa kebaikan, keberuntungan dan kebahagiaan yang sifatnya terus menerus. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *