BANYAK curug yang bisa dijelajahi di Bogor, salah satunya Curug Love. Tebing berkelok yang khas dan kolam berair jer­nihnya bikin hati kesemsem untuk bere­nang. Curug Love atau disebut Curug Catang berada di Desa Bantarkaret, Ke­camatan Nanggung, Kabupaten Bogor. Tempatnya tersembunyi, jauh dari per­kotaan. Untuk mencapai ke tempat ini dibutuhkan waktu dua jam perjalanan dari Kota Bogor dengan medan jalan yang landai dan sudah teraspal baik.

Keunikan dari Curug Love ini adalah lokasinya yang bukan berada di lereng gunung atau bukit melainkan di tengah-tengah persawahan dan perkebunan. Kanan kirinya dikelilingi bukit. Keinda­han Curug Love adalah bentuk bebatuan­nya yang berkelok dan mengapit dengan goresan yang terbentuk alami akibat abrasi air yang mengalir di sepanjang lorong bebatuan serta air terjunnya da­ri aliran air lereng bukit dengan keting­gian sekitar tiga meter.

Dan di beberapa titik terdapat kolam-kolam yang kedalamannya sekitar satu setengah meter saat debit air tidak ter­lalu deras dengan warna air yang hijau. Namun jika musim hujan datang, maka debit air akan meninggi.

Sementara di atas bebatuan, Curug Love merupakan persawahan dan per­kebunan sehingga tepi-tepi bebatuannya ditumbuhi tanaman dan pepohonan serta terdapatnya selang-selang panjang yang airnya dimanfaatkan warga setem­pat untuk mengairi persawahan dan per­kebunan. Sepintas Curug Love ini sang­at mirip Curug Putri di Pandeglang, Ban­ten.

Waktu yang terbaik untuk mengunjungi salah satu wisata Indonesia yang berada di wilayah Bogor yang terbilang baru ini adalah pada pagi hari sekitar pukul del­apan, karena sinar matahari yang mem­bias akan menyinari lorong-lorong be­batuan yang mengapit serta warna airnya akan terlihat berbeda.

Jika Anda berasal dari Jakarta meng­gunakan mobil atau motor, arahkan ken­daraan ke Bogor dan gunakan Gmap dengan titik akhir perjalanan PT Antam Pongkor yang sebagai patokan. Jika sudah sampai di tempat tersebut Anda harus menempuh sekitar 8 kilometer lurus ke depan ikuti jalan utama.(*/feb/py)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here