Gugat Usai Salat Jumat

by -

Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan mendaftarkan permohonan sengketa hasil pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK) selepas salat Jumat, hari ini. Prabowo dan Sandiaga direncanakan akan menyerahkan gugatan langsung sekitar pukul 14:00 WIB.

METROPOLITAN – Direktur  Komunikasi dan Media BPN Hashim Djojohadikusuno mengaku pihaknya akan datang ke MK sekitar pukul 14:00 WIB. ”Besok jam dua,” ujar Hashim saat ditemui di kediaman Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, kemarin. Hashim mengatakan, Prabowo dan Sandiaga akan ikut bersama tim kuasa hukum saat mendaftarkan gugatan. Namun, Hashim tidak menyebutkan secara rinci nama-nama pengacara yang menjadi kuasa hukum maupun materi-materi sengketa yang akan diajukan. ”Pak Prabowo dan Bang Sandi (yang ke MK, red),” ucapnya.

Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengatakan, Tim Hukum BPN resmi mendapuk Hashim Djojohadikusumo sebagai pimpinan yang melaporkan sengketa hasil pemilihan presiden 2019 ke MK. ”Saya menunjuk penanggung jawab untuk gugatan ke MK ini akan dikomandoi Pak Hashim Djojohadikusumo,” kata Sandiaga.

Laporan gugatan, lanjut Sandiaga, akan dilayangkan besok usai diumumkan secara resmi usai Salat Jumat. Menurut mantan wagub DKI itu, jalur MK adalah langkah konstitusi yang ditempuh pihaknya sebagai bentuk perlawanan dugaan kecurangan yang terjadi selama pilpres 2019. ”Rencananya kami akan mengumumkan tim besok setelah Salat Jumat. Ini adalah bentuk langkahlangkah Prabowo-Sandi untuk tetap berada di jalur konstitusional,” jelas Sandi.

Sekadar diketahui, tim hukum BPN 02 untuk sengketa pilpres 2019 mendapuk sejumlah ahli hukum kawakan, yakni Bambang Widjojanto, mantan pimpinan KPK Denny Indrayana, wakil menteri menkumham era Presiden SBY dan pengacara senior Otto Hasibuan. Sementara itu, juru bicara BPN PrabowoSandi, Andre Rosiade, mengaku tim masih mempersiapkan gugatan hasil pemilu presiden (pilpres) 2019.

Andre menuturkan, tim hukum BPN PrabowoSandi telah melakukan koordinasi dengan MK untuk mengajukan gugatan perselisihan hasil pilpres. “Saat ini tim hukum sedang ada pertemuan dan sudah dicek bisa mengajukan ke MK besok (Jumat, 24/5),” ucap Andre. Sebelumnya, BPN PrabowoSandiaga telah memutuskan akan mengajukan gugatan sengketa hasil pilpres ke MK. Hal itu diputuskan dalam rapat internal BPN pada Selasa (21/5). (kps/ els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *