METROPOLITAN – Jun, seorang aktivis dari Kabupaten Bogor. Pemilik nama lengkap Junaedi Adhi Putra ini memiliki target dapat menghilangkan garis kemiskinan di masyarakat. Lantas, seperti apa gagasan yang dimilikinya? Berikut wawancara Harian Metropolitan bersama pria kelahiran 1988:

Apa yang melatarbelakangi Anda mau menjadi seorang aktivis?

Berangkat dari keprihatinan. Apalagi, banyak sumber daya alam di wilayah Rumpin, Kabupaten Bogor seperti bahan tambang pasir, batu hingga emas, tetapi masyarakatnya masih hidup di bawah garis kemiskinan. Untuk itu, saya bergerak ingin merubah pandangan tersebut dan membuat Rumpin menjadi wilayah yang maju dan berkembang.

Sejauh mana Anda sudah memperjuangkan hal tersebut?

Sudah segala upaya sudah kami perjungkan, dari memberikan pemahaman kepada masyarakat, meyurati pemerintah, audiensi bahkan melakukan aksi massa. Namun, masih ada saja kendala yang terjadi dan menyulitkan kami untuk mewujudkan hal tersebut.

Kendala seperti apa yang Anda permasalahkan?

Tentunya yang paling menohok itu kaitan jalan rusak di wilayah Rumpin. Persoalan ini tidak pernah terselesaikan hingga saat ini. Belum lagi lahir dari regulasi perizinan yang dikeluarkan Pemda dan Pemprov sehingga perusahaan tambang leluasa melakukan eksplorasi alam secara berlebihan dan tanpa kontrol.

Lalu, bagaimana cara Anda menyikapi hal tersebut?

Kita bersatu dan berjuang bersama, untuk bisa mewujudkan jalur khusus tambang sebagai solusi jangka panjang dan menerapkan jam operasional di tiga Kecamatan Rumpin, Parungpanjang dan Gunungsindur. Bila tidak persoalan ini akan terus menjadi ancaman penghidupan masyarakat di tiga kecamatan.

Apa harapan Anda untuk Pemkab Bogor?

Poin terakhir harapan saya pemerintah segera mewujudkan jalur khusus tambang dan memberikan jalan keluar terbaik untuk masyarakat Rumpin, Cigudeg, Cariu, Parungpanjang dan Gunungsindur, agar persoalan eksploitasi tambang dan mobilisasi truk tambang bisa cepat diselesaikan, dengan tanpa ada yang dirugikan. (mul/c/ rez)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here