JEMBATAN GUGUNUNG BUTUH SUNTIKAN DUIT RP1 M

by -24 views

RUMPIN – Infrastruktur jembatan yang layak belum dirasakan warga Desa Me­karsari, Kecamatan Rumpin. Seperti kondisi Jembatan Gugunung Kali Ci­manceri yang membutuhkan perbaikan. Biaya perbaikannya pun diperkirakan menelan anggaran Rp1 miliar lebih.

Jembatan sepanjang 16 meter dengan lebar dua meter ini berlokasi di Kam­pung Gugunung, Desa Mekarsari. Setiap harinya digunakan sebagai akses masyarakat menuju ke sekolah, kerja dan ke pusat pembelanjaan atau Pasar Parungpanjang, Kecamatan Parungpanjang.

Namun kondisinya sudah mengk­hawatirkan. Jembatan ini terbuat dari batang bambu dan beralaskan tiga papan kayu yang sudah keropos lantaran termakan usia. “Selama ini perawatan jembatan tergantung dari anggaran swadaya warga sekitar atau yang melintas. Sudah lama jembatan terbuat dari bambu dan papan kayu,” kata warga Desa Cikuda, Didih (60).

Didih mengatakan, kalau dulu jem­batan ini tidak seperti ini, malah lebih parah dari ini. Bahkan waktu itu ada warga menjadi korban terjatuh. Jem­batannya ambruk lantaran keropos. Sekarang kondisinya agak lumayan karena warga sudah diperbaiki. ”Akses dua Desa Cikuda dengan Desa Me­karsari ini banyak kendaraan yang melintas. Bahkan banyak juga ken­daraan mobil nyasar ke sini kemu­dian balik lagi. Kalau mobil tidak bisa melintas, sedangkan motor juga kadang ada yang dituntun atau penumpang­nya turun,” katanya.

Sementara itu, Pjs Kepala Desa Me­karsari, Tatang Sutisna, mengaku sudah berulang kali pemerintah desa mengaju­kan lewat musrenbang Kecamatan Rumpin tapi belum ada tanggapan. Ia juga belum menerima informasi dari kecamatan kalau usulan itu ditolak.

”Kalaupun itu benar, nanti saya akan berkoordinasi dengan kepala Desa Cikuda. Perbaikan jembatan dengan anggaran desa tidak bisa mencukupi. Misalnya perbaikannya dibagi dua dan dilakukan bersamaan antara Desa Cikuda dengan Desa Mekarsari mungkin bisa, karena kita mengajukan musrenbang untuk perbaikan hanya Rp300 juta,” imbuhnya.

Terpisah, Kades Cikuda, Samyani, pernah mengajak kades Mekarsari se­belumnya Satibi bekerja sama mem­perbaiki jembatan. Namun hingga saat ini belum ada realisasinya. “Kalau dengan pjs sekarang belum membicarakannya lagi,” katanya. (sir/b/els/py)