Kampoeng Ramadan Baznas Dongkrak Ekonomi Warga Jabonmekar

by -3 views

PARUNG – Para mustahik atau pe­nerima zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggelar acara Kampoeng Ramadan untuk meme­riahkan ibadah di bulan suci 1440 Hijriah. Acara ini digelar di tempat pengembangan program Baznas Mirco­finance Desa (BMD), yakni Desa Ja­bonmekar, Kecamatan Parung, Ka­bupaten Bogor, sejak 8 hingga 12 Mei 2019. Para pesertanya adalah ang­gota BMD Jabonmekar dan masyara­kat setempat.

Kepala Divisi Pendayagunaan Baznas, Randi Swandaru, mengatakan, kegia­tan ini digelar untuk meningkatkan pendapatan usaha bagi pelaku usaha mikro mitra BMD dengan memanfaat­kan momentum Ramadan. “Kegiatan ini juga bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mustahik, karena terdapat bazar yang menampilkan pro­duk hasil produksi mustahik,” katanya.

Kampoeng Ramadan di desa ini dira­maikan 30 peserta yang menjajakan produknya. Mulai dari makanan, pa­kaian hingga alat kebutuhan rumah tangga. Selain itu, 15 tim santriwan dan santriwati desa setempat ikut meme­riahkan acara dengan mengikuti Lom­ba Marawis. Tokoh agama setempat Ustadz Agus Idwar yang hadir dalam acara ini memberikan tausiyah dengan menambah suasana lebih semarak. Rangkaian acara ini menyedot perha­tian warga untuk memanfaatkannya sebagai ajang silaturahmi dan berbe­lanja kebutuhan sehari-hari. Warga makin antusias dengan pembagian 15 doorprize, mulai dari perlengkapan ibadah hingga peralatan elektronik yang dibagikan jelang berbuka puasa.

Selain itu, BMD sendiri merupakan lembaga keuangan non-profit yang menyediakan sarana pembiayaan ter­hadap mustahik untuk mengembang­kan usahanya. “Kampoeng Ramadan ini memfasilitasi pelaku usaha mikro dan mitra BMD Jabonmekar dalam mengembangkan jaringan pemasaran produk dengan menyediakan tempat berjualan di even bazar,” ujar Randi.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Jabonmekar, Ruby Falahadi, men­gatakan, Baznas merupakan lembaga yang tepat sekaligus multifinance yang sangat membantu peran masyarakat dalam membentuk ekonomi mandiri sekaligus bersifat agamis yang sangat pas dan tepat untuk dijadikan mitra bersama dalam membangun ekonomi desa maupun nasional.

Kampoeng Ramadan Baznas tak ha­nya membuka bazar bagi pelaku usaha mikro, gerai zakat untuk konsultasi dan membayar zakat dibuka, pengunjung juga dihibur dengan acara talkshow dan pentas seni. (khr/b/els/py)