Adzan Maghrib mulai berkumandang di Masjid Besar At Taqwa Lanud Atang Senjaja (Ats), Kabupaten Bogor, pertanda waktu berbuka puasa telah tiba.

SATU per satu para jamaah menda­tangi masjid untuk menunaikan salat. Setelah itu, barulah menyantap hi­dangan berbuka puasa, di antaranya makanan berat dan takjil. Ratusan jamaah pun membeludak memadati lokasi.

Seluruh hidangan berbuka puasa itu disediakan pengurus masjid yang dibagikan gratis setiap Ramadan. Sa­lat Tarawih pun dimulai setelah jamaah melaksanakan Salat Isya sebelumnya. Dengan sebelas rakaat, ratusan jamaah mengikuti imam Salat Tarawih.

Kepala Pembinaan Mental (Kabintal) Lanud Ats Letkol Sus Arobi Rahakbauw menuturkan, pada 2019 ini terdapat penambahan jumlah jamaah yang menunaikan Salat Tarawih. ”Sekitar 600 jamaah setiap harinya,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Ia mengaku bersyukur lantaran ba­nyak umat yang menunaikan ibadah tahunan tersebut. ”Semoga berkah di bulan ampunan ini,” harapnya.

Selain buka puasa berjamaah, lanjut Arobi, pengurus masjid juga sudah mengemas beragam program untuk kenyamanan para jamaah. ”Di anta­ranya latihan manakif untuk melatih para calon jamaah sebelum berangkat ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi,” katanya.

Untuk manakif ini, sambung Arobi, sudah tersedia Kakbah mini di bagian halaman belakang masjid. Tujuannya agar para jamaah mengetahui tata cara ibadah yang baik dan benar.

Tak hanya itu, program Nuzulul Quran juga diselenggarakan. Untuk program ini akan dimulai pada Kamis (23/5) sejak pukul 20:00 WIB hingga selesai. ”Sementara untuk Salat Tarawih setiap malamnya diisi penceramah oleh MUI kecamatan dan Kabupaten Bogor, termasuk kami menggelar tadarusan setiap malam jelang hari raya nanti,” bebernya.

Arobi melanjutkan, pesantren kilat (sanlat) bagi pe­lajar TK, SD, SMP dan SMA juga akan digelar sejak pagi hingga jelang Salat Zu­hur. ”Masjid ini akan diguna­kan sebagai fasilitas belajar dan mengajar kegiatan agama melalui program sanlat. Program sanlat ini sudah rutin berjalan sejak 2017,” pa­parnya.

Ia berharap dengan pro­gram ini para pelajar semakin me­ningkatkan ikhuwah iman Islam dan menjadi insan ge­nerasi yang baik, terlebih bisa terhindar dari hal yang tak di­inginkan.

Sedangkan untuk iktikaf di­gelar sepuluh hari jelang Idul Fitri. Termasuk Masjid Besar At Taqwa Lanud Ats nantinya menjadi pusat Salat Idul Fitri berjamaah yang bisa menampung 6.000 jamaah. (yos/c/yok/run)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here