Manajemen Baik, Pemilu Kondusif

by -17 views

METROPOLITAN – Sebagai putra daerah, Abdul Hamid ingin Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 berjalan kondusif. Bagaimana perjalanan lelaki asli Rumpin ini menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Rumpin, berikut petikan wawancaranya dengan ayah tiga anak itu:

Apa yang melatarbelakangi Anda menjadi ketua PPK Rumpin?

Sebagai warga negara yang baik, saya ingin mengabdi pada negara. Semua ini saya tuangkan dengan menyelenggarakan pemilu yang jujur, adil dan kondusif sesuai amanat undang-undang.

Bagaimana suka duka Anda saat menjadi ketua PPK?

Dua tahun menjadi ketua PPK pasti ada suka duka. Namun yang pasti, sukanya bisa bersilaturahmi dengan warga, aparatur pemerintahan di Kecamatan Rumpin hingga komisioner KPU Kabupaten Bogor.

Apakah di daerah Anda ada kampung terisolasi yang memerlukan kerja ekstra untuk menyalurkannya?

Ada, di sini rata-rata menggunakan roda dua seperti penyaluran di Kampung Cijantur, Desa Rabak, Kampung Kukusumpung, Desa Gobang, Kampung Bincarung, Desa Kampungsawah dan Kampung Keboncau, Desa Cipinang. Semua dilakukan karena lokasinya berada di perbukitan terjal.

Bagaimana cara Anda mengajak masyarakat tidak golput?

Dengan cara door to door ke warga dan memberikan pemahaman akan pentingnya pesta demokrasi lima tahunan ini.

Bisa diceritakan dari proses awal hingga pemilu?

Persiapannya adalah membantu KPU membentuk badan adhoc sampai tingkat TPS hingga rekapitulasi penghitungan suara pemilu di tingkat kecamatan.

Target partisipasi pemilih di Pemilu 2019 apakah tercapai?

Target partisipasi pemilih di Kecamatan Rumpin sebesar 78 persen. Alhamdulillah dari hasil Pemilu 2019 partisipasi pemilih sebesar 80 persen melampaui target. Ini hasil kerja sama semua stakeholder dan unsur Muspika Rumpin. (mul/d/ yok/ py)

Loading...