MASJID JAMI AL IKHLAS PUSAT SIAR WARGA CURUG

by -1 views

Masjid Jami Al Ikhlas di RT 03/02, Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, sudah ada sejak 1987. Lokasi peribadatan itu menjadi pusat siar Islam bagi warga.

DEWAN Penasihat DKM Jami Al Ikhlas Hamid menuturkan, masjid tersebut sebelumnya merupakan mu­sala dengan nama yang sama. “Masuk tahun kedua (1987-1989, red), mu­sala direnovasi dan ditingkatkan sta­tusnya menjadi masjid, dengan luas bangunan 20×18 meter persegi,” tutur mantan Ketua DKM Al Ikhlas dua periode itu kepada Metropolitan, Minggu (12/5).

Ia memaparkan, saat ini lokasi ma­sjid digunakan warga untuk menu­naikan salat wajib, salat Jumat dan pengajian rutin setiap pekan dan setiap bulan. “Khusus di Bulan Suci Ramadan, masjid digunkan untuk Salat Tarawih, tadarusan, iktikaf, ter­masuk menjadi lokasi pengumpulan zakat fitrah dan zakat harta yang akan disalurkan kepada para warga kurang mampu,” jelasnya.

Masjid tersebut, sambung Hamid, dapat menampung 500 jamaah, dengan kapasitas dua lantai. Untuk Tarawih digelar setelah Isya sebanyak 23 rakaat. Setelah Tarawih, ada khataman ayat suci Alquran yang diikuti kaum bapak dan pemuda setempat.

Ia berharap Ramadan 1440 Hijriah ini dapat digunakan sebaik mungkin. “Intinya ibadah diperbaiki, termasuk untuk meningkatkan ukhuah iman Islam dan ketakwaan kepada Allah SWT. Dan Alhamdulillah beberapa tahun terakhir ini setiap Salat Tarawih warga antusias mengikutinya,” im­buhnya. (yos/c/yok/run)