MASJID RAYA INGATKAN 5M

by -7 views

METROPOLITAN – Dewan Kemak­muran Masjid (DKM) Masjid Raya Kota Bogor menggelar Kultum Ta­rawih, kemarin. Kultum tersebut disampaikan penceramah dari Pon­pes Sunanurrahman, Ustadz Malik Rahman.

Dalam ceramahnya, ia mengusung tema ‘Mu’ahada, Mujahadah, Mu­raqabah, Muhasabah serta Mu’aqabah (5M) dalam Aktualisasi Ramadan’. “Nilai ibadah Ramadan nantinya akan jadi esensi ibadah puasa ter­sebut, mudah-mudahan menjadi bekal akhirat. Kelima inilah yang kami sampaikan kepada jamaah selama menjalankan ibadah puasa,” katanya.

Adapun pemahaman tentang 5M tersebut, yakni Mujahadah artinya totalitas umat muslim dalam beri­badah. “Bahwa dengan berpuasa kita dituntut mengonsentrasikan seluruh jiwa raga untuk beribadah dan Allah janjikan bagi Mujahadah dalam beribadah akan selalu dibe­rikan petunjuk untuk mendapatkan jalan dari Allah SWT,” terangnya.

Lalu, Mu’ahada yang artinya me­menuhi janji umat muslim dengan Allah SWT. “Sebab, sebelum manu­sia lahir ke dunia, umat muslim su­dah berjanji bahwa Allah adalah Tuhan kita. Kemudian Muraqa­bah yang memiliki arti dengan be­ribadah satu bulan, mudah-mudahan akan menumbuhkan sifat umat muslim yang merasa diawasi. “Dengan puasa, ini akan menambah keyakinan kita dengan Allah dan menambahkan kita dalam bentuk iman kepada ma­laikat,” ujarnya.

Sedangkan Muhasabah memiliki pengertian dengan berpuasa umat muslim dalam mengenali dirinya sendiri, sebenarnya manusia pada hakikatnya lemah ketika tidak makan dan minum. Sehingga ini menjadi bahan buat evaluasi diri dan yang kuat hanya Allah SWT. “Maka dengan ibadah puasa ini menambah keta­wakalan atau ketergantungan kita kepada Allah,” ujarnya. “Mu’aqabah itu untuk mendisplinkan diri kita, bahwa di bulan puasa ini kita harus menahan keinginan atau hawa naf­su seperti makan dan minum, tidak seperti pada hari biasanya,” sam­bungnya.

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Raya Kota Bogor, Ahmad Fathoni, berpesan kepada umat muslim agar mengaktualisasikan segala poten­si diri untuk mendisplinkan diri, sehingga apa yang menjadi target di bulan puasa ini bisa tercapai, yakni menjadi insan yang bertakwa. (rez/py)