METROPOLITAN – Pendaftaran gugatan hasil pileg 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK) hingga pukul 20:13 WIB berjumlah 32 gugatan. Sebanyak 30 di antaranya merupakan gugatan DPR dan dua sisanya gugatan DPD. Sejak Kamis pagi memang jumlah pemohon yang mendaftarkan gugatannya kian bertambah. Terlihat sudah ada beberapa partai yang mengajukan gugatan, di antaranya PKS, PKB, Hanura, Demokrat, PDIP, PBB, Perindo hingga PKPI.

Adapun yang gugatan DPR yang terbanyak berasal dari partai PBB yakni sembilan wilayah, sedangkan PKS delapan wilayah. Kemudian PKB, Hanura, Demokrat, PDIP, PKPI masing-masing satu wilayah, Perindo dua wilayah. Lalu partai lokal enam wilayah.

Sebelumnya, juru bicara MK Fajar Laksono mengaku tidak bisa memprediksi total permohonan yang diterima MK. Namun yang jelas, permohonan akan lebih banyak diajukan saat mendekati batas akhir. ”Ya kalau melihat kecenderungan ini sih seperti pemilu sebelumnya memang biasanya pemohon itu mengajukan permohonan mendekati masa akhir, jadi nanti kita lihat, mudah-mudahan tidak sampai mepet-mepet betul,” katanya.

Sengketa pemilu mulai dibuka di MK sejak Selasa (21/5), terhitung sejak KPU menetapkan hasil suara pemilu 2019. Pengajuan gugatan untuk pileg akan diselesaikan hingga Jumat (24/5) pukul 01:46 WIB, sedangkan untuk gugatan hasil pilpres ada perpanjangan waktu yakni di hari yang sama namun hingga pukul 24:00 WIB. (dtk/els/run)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here