ILUSTRASI: Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub bakal memantau harga tiket pesawat.

METROPOLITAN – Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub memantau pergerakan harga tiket pesawat. Masyarakat diminta proaktif ketika menemukan harga tiket yang tidak sesuai aturan. Ditjen Perhubungan Udara, Polana B Pramesti, mengatakan, pihaknya akan memantau 36 bandara.

Di bandara-bandara tersebut akan ada posko untuk mengawasi tarif pesawat. Selain itu, posko juga digunakan sebagai edukasi kepada penumpang. ”Kami akan memberikan informasi bahwa harga tiket itu dikurangi pajak, iuran wajib Jasa Raharja, dan PSC (passenger service charge, red),” katanya. Informasi itu dalam bentuk pamflet dan baliho. Dengan adanya informasi ini, masyarakat diharapkan bisa turut memantau apakah biaya tiket sudah sesuai ketentuan KM 106/2019 atau belum.

Sebelumnya, melalui Direktorat Angkutan Udara telah melakukan pemantauan tarif tiket di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Pengawasan dilakukan pada tujuh Badan Usaha Angkutan Udara (BUAU) yaitu Garuda Indonesia sebanyak 12 rute, Batik Air 11 rute, Sriwijaya 10 rute dan Citilink 10 rute. Selain itu, ada juga Lion Air 18 rute, Indonesia AirAsia 3 rute dan Trigana Air 1 rute. (jpnn/ fin/py)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here