Pekan Depan Bogor Miliki Perwali zakat

by -1 views
ZAKAT: Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, saat membayar zakat di Paseban Sri Bima, kemarin.

METROPOLITAN – Wali Kota Bogor, Bima Arya, siap membuatkan aturan zakat bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemkot) Bogor. Hal itu disampaikan Bima Arya usai menggelar buka puasa bersama keluarga Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bogor di Paseban Sri Bima, kemarin.

Orang nomor satu di Kota Hujan itu mengaku bakal mendongkrak pendapatan zakat Kota Hujan melalui tiga metode dan tahapan. Di antaranya kampanye dan sosialisasi konsep zakat kepada seluruh masyarakat muslim di Kota Bogor,memperbaiki institusi kelembagaan zakat hingga memaksimalkan aturan tentang zakat. “Saya ingin menargetkan penerimaan zakat yang lebih maksimal di Kota Bogor,” katanya. Pekan depan, ia bakal menandatangani Peraturan Wali Kota (Perwali) yang mengatur zakat bagi ASN Kota Bogor. “Jadi sistemnya otomatis. Kita bakal bekerja sama dengan pihak bank untuk memotong honor ASN secara langsung, khususnya ASN beragama Islam,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Ketua II Pendistribusian dan Pendayagunaan pada Baznas Kota Bogor, Rusli Saimun, mengapresiasi langkah pemkot yang berencana bakal mengeluarkan aturan mengenai kewajiban ASN membayar zakat. Tak hanya itu, Baznas juga menargetkan pendapatan zakat tahun ini di angka Rp19 miliar. Hal tersebut lantaran tahun lalu pihaknya mampu mendapatkan uang Rp14 miliar dari hasil pembayaran zakat masyarakat Kota Bogor dan Rp1,5 miliar hasil zakat mal. “Kita optimis bisa meraih Rp19 miliar zakat tahun ini. Apalagi, tahun ini kita akan dibantu perwali zakat. Saya yakin bukan hal mustahil target kita bisa tercapai,” katanya.

Demi meraih target yang ditetapkan, Rusli sudah menyiapkan sepuluh titik gerai pembayaran zakat bagi masyarakat. Mulai dari pusat perbelanjaan, tempat keramaian hingga pasar tradisional. “Ada sepuluh titik gerai yang kami siapkan, di antaranya di Plaza Ekalokasari, Lippo Kebun Raya, Giant Botani, Giant Yasmin dan sejumlah pasar tradisional,” bebernya.

Bahkan, pihaknya juga sudah menyiapkan 20 relawan zakat yang nantinya bakal bertugas menjemput zakat kepada masyarakat. “Kami sudah menyiapkan 20 relawan zakat yang bertugas selama Ramadan. Mereka nantinya akan menjemput zakat ke sejumlah pasar tradisional dan pusat keramaian,” pungkasnya. (ogi/b/rez/py)