Warga Lumbung, RT 01/07, Desa Semplak Barat, Kecama­tan Kemang, berbondong-bondong mengikuti Salat Tarawih, kemarin. Sebanyak 23 rakaat menjadi agenda tarawih yang biasa dilakukan di masjid tersebut. Tak seperti biasanya, ibadah hari itu diikuti jajaran pemerintah desa (pemdes), dalam acara Safari Ramadan 1440 Hijriah, atau biasa disebut tarawih keliling (tarling) masjid.

PADA tarling itu, pemdes ber­sumbangsih dalam penyaluran ban­tuan keuangan kepada Dewan Ke­makmuran Masjid (DKM) Jami Nurul Anwar untuk bantuan keuangan pe­rawatan masjid.

Informasi terhimpun, keberadaan masjid tersebut sudah ada sejak 1994 dengan nama yang sama, yang saat itu masih merupakan musala. Kemu­dian pada 1996 musala itu ditingkat­kan statusnya menjadi masjid.

Pada 2015, masjid tersebut direno­vasi dan diperluas bagian dalamnya menjadi 16×12 meter persegi, dengan dua lantai bangunan. ”Alhamdulillah bisa menampung 500 jamaah,” ujar Ketua DKM Jami Nurul Anwar, Maman Abduramhan.

Sarana ibadah itu juga menjadi sentral pusat ibadah bagi masyarakat, baik untuk salat wajib maupun perayaan hari besar umat Islam. Ia mengaku ke­beradaan masjid tersebut bermanfaat bagi warga, baik kaum bapak, ibu, pe­muda hingga remaja masjid. Kegiatan belajar mengaji bagi anak-anak usia dini juga selalu diselenggarakan di ma­sjid tersebut sebelum Salat Magrib. “Tujuannya untuk memperkokoh iman dan ketakwaan remaja agar tidak mudah terkecoh dan terjerumus pergaulan bebas. Terlebih untuk melahirkan ge­nerasi terbaik dari warga desa setempat,” paparnya.

Sementara itu, Pjs Kepala Desa (Ka­des) Semplak Barat Sandra Kusnadi mengaku bersyukur atas datangnya bulan penuh rahmat dan ampunan ini. ”Alhamdulillah, ini menjadi momen memperbaiki diri lebih baik dari tahun sebelumnya. Harus dipergunakan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Sandra menjelaskan, agenda tarling di hari keempat bersama pemdes ter­sebut diharapkan menjadikan pemdes setempat lebih baik ke depannya. Sebab, harus diimbangi bekerja dan berdoa. ”Sehingga keseimbangan hidup dapat berjalan dengan baik. Terlebih saat ini umat muslim tengah menu­naikan ibadah Ramadan 1440 Hijriah. Inilah waktu terbaik,” imbuhnya.

Ia menambahkan, pada tarling dan bantuan keuangan yang disalurkan diharapkan dapat memberikan man­faat terbaik. (yos/c/yok/run)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here