Pemerintah Harus Ikut Andil Urus PETI

by -2 views

METROPOLITAN – Terjadinya longsor di Gunung Pongkor, Kecamatan Nanggung, harus menjadi catatan serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Terlebih sudah banyak nyawa yang melayang akibat per­tambangan ilegal yang dilakukan warga sekitar.

Ketua Komisi III DPRD Kabu­paten Bogor Wawan Haikal mengaku pihaknya akan melakukan kunjungan kerja (kuker) ke PT Antam Tbk untuk melihat eksisting longsor tersebut. “Ini salah satu evaluasi yang harus benar-benar dicari solusinya. Apalagi ini sudah terjadi berka­li-kali dan tidak ada solusi untuk menghentikannya,” ujarnya ke­pada Metropolitan. ­

Wawan juga berharap pemerin­tah bisa memberikan program kepada warga di area Gunung Pongkor agar beralih kepada usaha lain. Sehingga, tidak ada lagi korban jiwa yang diakibatkan penambangan liar. “Mungkin jika ada peluang usaha yang lebih menjanjikan, mereka akan pindah. Dan kenapa ini proses per­tambangan masih terjadi? Karena tidak ada peluang bagi para penambang itu untuk beralih pada profesi yang lain,” kata Wawan.

Politisi Golkar itu berharap longsor yang terjadi di Gunung Pongkor ini merupakan keja­dian terakhir. Selain itu, ia juga mengaku akan membicarakan dengan pihak terkait untuk men­cari solusi mengatasi penambang liar yang mulai banyak.

Direktur Eksekutif Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi, Rudi Syaf, dalam catatan akhir tahun mengatakan, akti­vitas penambangan emas liar sudah merambah hampir seluruh di kawasan. Mulai dari Daerah Aliran Sungai (DAS), permukiman, perkebunan, hingga masuk ka­wasan hutan.

Menurutnya, pemerintah dae­rah harus segera ambil sikap dengan kondisi seperti ini. Sebab jika dibiarkan bakal banyak kor­ban yang berjatuhan. “Masyara­kat tidak bisa dibiarkan karena bakal terjadi lagi. Begitu juga dengan alam yang terus kian rusak jika terus dibiarkan,” ung­kapnya. (yos/ogi/c/mam/run)