CIAWI – Anggaran Dana Desa (DD) tahap pertama 2019 sedang direali­sasikan di Desa Telukpinang, Keca­matan Ciawi. Pembangunan fisik masih menjadi primadona. Hal itu ditunjukkan dengan dibangunnya dua sarana infrastruktur berupa pembangu­nan jembatan dan betonisasi.

Akan tetapi, pembangunan jemba­tan yang dibiayai DD di RT 03/07 menjadi sorotan. Dengan nilai proyek Rp55.900.000, pengerjaan tersebut diduga dikurangi. Ada penghapusan angka panjang jembatan dari panjang 25 meter x lebar 2,5 meter x tinggi 0,15 meter menjadi panjang 15 meter x 2,5 meter X 0,15 meter saja.

Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) DD Telukpinang, Sarip, menjelaskan, hal itu karena ada kesalahan cetak dari pembuat papan kegiatan. ”Ya ada salah cetak, seharusnya 15 me­ter tertulis di-banner 25 meter,” ung­kapnya.

Terpisah, Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Ciawi, Bambang, tidak bisa menunjukkan angka volume yang sebenarnya dari pembangunan jem­batan tersebut. ”Itu bukan ranah kasi pemerintahan, tapi ada di kasi ekbang. Kami hanya menandatangani untuk pencairan,” jelasnya.

Hal senada dikatakan Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kecamatan Ciawi, Siti. Hingga saat ini, pihaknya belum mengetahui ada atau tidaknya DD yang cair ke desa-desa. ”Untuk teknis seperti itu ada di kasi pemerintahan. Sampai sekarang kami belum tahu ada atau tidaknya anggaran DD yang cair,” paparnya. (ash/b/els/py)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here