PUSKESMAS CISARUA CEK MAKANAN KEDALUWARSA

by -3 views

CISARUA – Mendekati Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melakukan inspeksi mendadak alias sidak ke sejumlah pasar tradisional, Selasa (14/5). Ke­giatan tersebut dilakukan untuk menge­tahui apakah ada makanan kedalu­warsa yang diedarkan di pasaran. Sidak yang dilakukan UPT Kesehatan Hewan dan Ikan bersama Puskesmas Cisarua itu menemukan telur busuk yang dijajakan pedagang.

Kepala UPT Kesehatan Hewan dan Ikan, Amin S, mengatakan, pemeriksa­an terhadap bahan pangan tersebut dilakukan pada sejumlah pedagang di Pasar Cisarua. Di antaranya komoditi daging ayam, sapi maupun telur. “Peng­ecekan tersebut dilakukan mulai dari produk yang tidak ada tanggal kedalu­warsanya. Daging dalam kondisi segar bukan yang beku,” terangnya.

Saat dicek, sambung Amin, ditemu­kan beberapa telur dalam kondisi busuk dan tak layak dijual. Pihaknya juga mengecek secara fisik untuk memas­tikan bahwa telur tersebut tidak layak dikonsumsi. “Langsung dibuang ka­rena tidak layak dikonsumsi,” ungkap­nya. Selain itu, lanjut Amin, untuk produk makanan yang tidak tercantum tanggal kedaluwarsanya, pihaknya mengambil beberapa sampel untuk diuji lab. “Puskesmas Cisarua mewa­kili Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabu­paten Bogor akan melakukan uji lab terhadap produk yang tidak memiliki tanggal kedaluwarsanya,” tuturnya.(drk/rb/els/py)