SATPOL PP INGIN BIKIN JERA PENGUSAHA GALIAN LIAR

by -2 views

CARIU – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor mulai geram dengan aksi penambangan liar di timur Kabu­paten Bogor. Kepala Bidang Penega­kan Perundang-undangan Satpol PP Kabupaten Bogor, Agus Ridho, sudah menerima laporan aktivitas galian ilegal. Untuk itu, ia telah ber­koordinasi dengan kepolisian dan dinas terkait guna mencari solusi permasalahan tersebut.

”Kami sudah mengirimkan surat edaran melalui Satpol PP Kabupaten Bogor untuk rencana penutupan galian di Bogor Timur, khususnya Cariu, Jonggol dan Babakan­madang,” katanya.

Ia telah beberapa kali menindak pengusaha gu­randil, namun mereka te­tap membandel. “Sekarang ini kami dari Satpol PP Ka­bupaten Bogor akan me­rumuskan bagaimana pen­gusaha nakal tersebut jera,” ujarnya.

Sementara itu, warga me­minta aktivitas galian ilegal yang telah disegel tak lagi beroperasi dan menghen­tikan aktivitasnya. Dengan adanya penutupan tersebut, berarti aktivitas penambang ilegal selama ini sangat merugikan. “Sudah beberapa kali ditutup itu galian, bahkan saya lihat sampai dipasangi pita yang bertu­liskan PPNS. Tapi nggak lama pasti beroperasi lagi,” keluh Aris, warga Desa Bantarkuning, Cibatutiga, Ke­camatan Cariu, kemarin.

Menurut dia, galian ilegal gurandil ini sangat mengkhawatirkan. Tak ha­nya merusak lingkungan, negara pun dirugikan lantaran mereka tidak mem­bayar pajak negara. (gi/els/py)