Sekda Berikan Wejangan ke Pegawai Dinkes

by -0 views
AKRAB: Sekda Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, saat salam-salaman dengan pegawai Dinkes Kota Bogor, kemarin.

METROPOLITAN – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, menghadiri pengajian Ramadan di Musala Ibnu Sina kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, kemarin. Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinkes Kota Bogor Rubaeah, kabid dan kasi serta karyawan dan karyawati. Dalam kesempatan ini, Ade ikut memberikan wejangan kepada pegawai dinkes.

Dalam tausiyahnya, sekda menyampaikan bahwa saat 3-4 bulan dalam kandungan Allah SWT memberikan tiga hal pada calon manusia. Pertama adalah ruh. Ruh ini diberikan pada calon manusia pada usia 4 bulan dalam kandungan, pembuktiannya perut ibu bergerak. “Itu bukti ruh sampai pada calon manusia,” katanya.

Kedua, lanjut Ade, adalah ajal. Semua manusia sudah ditentukan ajalnya, hari apa dan jam berapa. Sehat bukan jaminan dan umur tua bukan persyaratan. “Jadi, setiap orang sudah dipastikan ajalnya, kapan dan jam berapa,” ujarnya. Yang ketiga, terang Ade, Iradah. Setiap manusia diberikan hak, Iradah namanya, yaitu kecenderungan. Kecenderungan ini tergantung pembinaannya. Dijamin Allah ketika pembinaannya dengan ilmu dalam Alquran, maka akan menghasilkan manusia bertakwa.

Selain itu, Ade melanjutkan, setiap hak muslim pada muslim lainnya ada enam, yakni ketika bertemu orang lain harus menyampaikan salam. Ketika diundang wajib datang. Ketika meminta nasehat harus dilakukan. Ketika ada yang sakit wajib menjenguk dan kewajiban mengantarkan jenazahnya. ”Mungkin ini perlu jadi referensi dalam kehidupan,” sebutnya. (*/rez/py)