Siapa Lebih Lihai?

by -

METROPOLITAN – Valencia akan menjamu Arsenal di Mestalla pada leg kedua babak semifinal Liga Eropa 2018/19, Jumat (10/5). Valencia terbebani defisit agregat dua gol, tetapi peluang mereka belum tertutup sepenuhnya.

Pada leg pertama di Inggris, Valencia tumbang 1-3. Valencia sempat unggul lewat gol Mouctar Diakhaby, tetapi Arsenal berbalik menang melalui sepasang gol Alexandre Lacazette dan satu gol Pierre-Emerick Aubameyang. Arsenal mencetak tiga gol tapi Valencia bisa mencuri satu gol tandang. Dengan satu gol tandang itu, situasi jadi berbeda. Valencia pun kini cuma perlu menang 2-0 di Mestalla untuk menjungkalkan Arsenal.

Itu tidak bakal mudah. Namun jika bisa memperbaiki kesalahankesalahan dari leg pertama dan didukung penuh publik Mestalla, Valencia tetap punya peluang. “Kami tahu sulitnya menang 2-0 melawan tim yang sangat bagus. Namun jika kami didukung penuh para suporter dan bermain dengan benar, kami tahu kami bisa melakukannya,” tegas Pelatih Marcelino.

Valencia juga sedang sangat bersemangat usai menang besar 6-2 atas Huesca di La Liga. Valencia menang lewat gol-gol Daniel Wass, Rodrigo Moreno (2) dan Santi Mina (2), serta satu gol bunuh diri pemain lawan. Kemenangan itu memutus streak tiga kekalahan beruntun Valencia di semua ajang. Valencia bangkit di saat yang tepat. Arsenal perlu waspada. Terlebih lagi Arsenal gagal menang di laga terakhirnya. Menjamu Brighton di Premier League akhir pekan kemarin, Arsenal cuma meraih hasil imbang 1-1 dan itu membuat mereka terancam tak bisa finis di empat besar.

Dalam situasi ini, jalan paling realistis bagi Arsenal untuk lolos ke Liga Champions musim depan adalah dengan menjuarai Liga Europa. The Gunners pun pasti siap berusaha optimal untuk memastikan kelolosan di Mestalla dan menghadapi salah satu dari sang rival sekota Chelsea atau Eintracht Frankfurt di final.

Namun Arsenal tak boleh lupa. Valencia juga berada di situasi yang tak jauh beda. Saat ini, Valencia masih tertinggal tiga poin dari Getafe di peringkat empat klasemen sementara La Liga dengan dua laga tersisa. Los Che juga mengincar kelolosan ke Liga Champions lewat jalur Liga Europa. Arsenal sudah mencetak tiga gol di leg pertama. Namun satu gol tandang yang dibawa Valencia dari London bisa saja menjadi penentu kelolosan sang wakil Spanyol ke final.

Valencia menang 15 kali dan hanya kalah satu kali dalam 21 laga kandang terakhirnya di semua kompetisi (M15 S5 K1). Valencia selalu mencetak 2 gol atau lebih dalam 5 dari 7 laga kandang terakhirnya di semua kompetisi. Valencia belum pernah gagal mengalahkan Arsenal di Mestalla (M2 S0 K0).Valencia selalu menang dalam delapan laga kandang terakhirnya di Liga Europa, mencetak 22 gol dan cuma kebobolan tiga gol.

Valencia tak terkalahkan dalam sebelas laga kandang terakhirnya di Eropa (M8 S3 K0). Arsenal kalah tujuh kali dan hanya menang tiga kali dalam sebelas laga tandang terakhirnya di semua kompetisi (M3 S1 K7). Arsenal selalu kalah dalam empat laga tandang terakhirnya melawan klub-klub Spanyol. Arsenal selalu kalah dengan margin minimal dua gol dalam dua laga tandang terakhirnya di semua kompetisi: 1-3 vs Wolverhampton, 0-3 vs Leicester. (bol/mam/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *