’STOP PITA MERAH’ TEKAN PENYEBARAN HIV/AIDS

by -7 views

METROPOLITAN – Puskesmas Ke­dungbadak memiliki inovasi dalam menekan penyebaran HIV maupun AIDS. Salah satunya dengan menyasar para calon pengantin melalui program ’Stop Pita Merah’.

”Salah satu kegiatannya penyuluhan ke berbagai kelompok risiko yang ter­tular HIV. Penyuluhan dilakukan di kantor KUA dengan sasaran calon peng­antin. Penyuluhan di masyarakat saat kegiatan pengajian atau arisan warga, dan lain-lain,” terang Kepala Puskesmas Kedungbadak, Agustina Susana Iswati, kemarin.

Tak sekadar penyuluhan, program ini merupakan bagian dari upaya Pus­kesmas Kedungbadak untuk mene­mukan, mengobati serta memberikan pelayanan terhadap pengidap HIV/ AIDS. ’’Kami sudah bekerja sama dengan dokter, klinik dan bidan praktik swas­ta di Puskesmas Kedungbadak,” ujar wanita yang akrab disapa Susi itu.

Melalui program ini, pihaknya me­mastikan semua pasien mengonsumsi obat yang sudah disediakan seumur hidup si pengidap. Caranya memantau melalui Whatsapp Group 24 jam. ’’Ma­kanya program ini melibatkan masya­takat yang kita namakan Warga Peduli AIDS (WPA) untuk sama-sama men­gontrol mereka,” tuturnya.

Susi mengatakan, sejak dijalankan­nya program ’Stop Pita Merah’, pihaknya mencatat sudah ada 39 jiwa pasien yang mengidap HIV di Kedungbadak. Beberapa di antaranya berasal dari wilayah lain. (*/els/py)