WABUP: PUNCAK JADI INCARAN INVESTOR

by -10 views

CIAWI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tengah giat meng­gali Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan target Rp2,3 triliun per tahun. Salah satu sektor andalannya adalah bidang pariwisata dan sarana olah­raga. Dengan konsep City of Sport and Tourism, Pemkab Bogor optimis tar­get tersebut akan tercapai.

Wakil Bupati (Wabup) Bogor, Iwan Setiawan, mengatakan, wilayah sela­tan Kabupaten Bogor yang meliputi tujuh kecamatan yakni Cisarua, Me­gamendung, Ciawi, Caringin, Cigom­bong, Cijeruk dan Tamansari layak menjadi incaran investor bidang pa­riwisata. ”Wilayah Selatan Kabupaten Bogor diperuntukkan bagi wisata. Estimasi bisnisnya sangat bagus,” te­rangnya usai menghadiri peresmian salah satu hotel di Ciawi, akhir pekan lalu.

Dengan datangnya investor, Iwan berharap akan mengurangi jumlah pengangguran dan bisa membayar pajak pada pemerintah. ”Tingkat peng­angguran di Kabupaten Bogor saat ini mencapai angka 450.000 orang,” je­lasnya.

Selain konsep pariwisata, bidang olahraga juga bisa menjadi ajang untuk meningkatkan PAD. Andalan­nya, Stadion Pakansari, Paralayang, Sirkuit Sentul dan sebelas lapangan golf di Kabupaten Bogor. ”Saat ini di bidang olahraga pemkab sedang mengupayakan menjadi tuan rumah turnamen bola basket, bola voli dan menjadikan Persikabo masuk pada liga satu sepak bola nasional,” kata­nya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Ho­tel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor, Budi Sulistio, mem­berikan apresiasi terhadap langkah Pemkab Bogor untuk menggali PAD di sektor wisata. Namun sangat disayangkan ada beberapa hotel besar di Puncak yang masih berstatus vila. ”Untuk pajak sendiri harus dibayarkan sesuai ketentuan meskipun itu ber­status vila,” pungkasnya. (ash/b/els/py)