3 Even Besar Bakal Hadir Di Bogor

by -16 views
PAPARKAN: Perwakilan dari Bappeda Kota Bogor tengah memaparkan konsep Balkot Fest kepada Wali Kota Bogor, Bima Arya, di Plaza Balai Kota Bogor, kemarin.

METROPOLITAN – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor bakal menggelar Balkot Fest pada pertengahan Juli 2019. Nama Balkot Fest dipilih Wali Kota Bogor, Bima Arya, karena lokasi diselenggarakannya festival tersebut akan dilangsungkan di Plaza Balai Kota Bogor, kemarin.

Kepala Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan (Sosbudpem) pada Bappeda, Rudiyana, mengatakan, Balkot Fest akan mengusung tiga agenda besar sekaligus yakni Istana Open yang merupakan kegiatan rutin tahunan setiap Hari Jadi Bogor lalu pameran dan pelayanan mobile yang diikuti sejumlah dinas, BUMD dan stakeholder terkait. “Agenda besar ketiga yakni menampilkan pertunjukan seni, budaya dan musik,” katanya.

Menurut dia, semua agenda tersebut memiliki tujuan masing-masing. Istana Open dengan kegiatan berkunjung ke Istana Bogor untuk mengajak masyarakat bisa melihat Istana dari dekat. Tujuan yang sama juga ada di agenda kedua yakni pameran dan pelayanan mobile. Di sini semua hasil program dari dinas, BUMD akan dipublikasikan kepada warga. Tak hanya itu, akan dipamerkan pula produk binaan dinas yang sudah dipasarkan.

”Selain itu, kami juga akan menginformasikan kepada publik proyek strategis apa dan rencana pembangunan apa saja untuk ke depan yang dilakukan Pemkot Bogor, termasuk menyerap aspirasi warga,” ujarnya. Ia melanjutkan, di pelayan mobile pihaknya juga menyiapkan mobil curhat dari Dinas Kesehatan yang siap memfasilitasi masyarakat untuk melakukan layanan konsultasi kesehatan gratis, mobil pelayanan KTP-el, mobil pelayanan pajak dan mobil perpustakaan keliling dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan untuk pengunjung anak-anak.

Sementara itu, tujuan agenda ketiga yakni memberikan wadah bagi seluruh komunitas, difabel dan lainnya tampil di depan khalayak publik. ”Kita juga akan menyediakan workshop singkat dari pakarnya, misalkan seperti workshop kerajinan dari sisa sampah plastik sekaligus mengedukasi warga bahwa sampah bisa didaur ulang dan bermanfaat,” bebernya.(*/ rez/py)