30 BENCANA, DUA MENINGGAL DUNIA

by -

LEUWILIANG – Selama Januari hingga Juni 2019, Pemadam Kebaka­ran (Damkar) Sektor Leuwiliang men­catat bencana alam yang terjadi di delapan kecamatan sebanyak 30 ke­jadian. Dari puluhan bencana, dua orang meninggal dunia akibat keba­karan rumah.

Komandan Damkar Sektor Leuwili­ang, Ade Sukmayadi, mengatakan, damkar ini menaungi delapan keca­matan yakni Kecamatan Tenjo, Jasinga, Cigudeg, Sukajaya dan Leuwisadeng. Lalu, Leuwiliang, Cibungbulang dan Parungpanjang. Sedangkan bencana alam yang kerap terjadi di Bogor Ba­rat Kabupaten Bogor dan memerlukan bantuan damkar yakni tanah longsor, banjir dan pohon tumbang. ”Dua orang yang meninggal dunia akibat kebaka­ran itu terjadi di Cigudeg dan Cibung­bulang,” ujar Ade.

Meski dalam enam bulan terakhir sudah ada 30 kejadian bencana alam, ia berharap dalam setahun jumlah bencana alam bisa menurun. Pihaknya juga terus menyosialisasikan bahaya kebakaran yang diakibatkan arus list­rik, termasuk bencana alam longsor.

Untuk membantu masyarakat di delapan kecamatan, Damkar Sektor Leuwiliang menyiapkan dua unit mo­bil damkar dengan tiga regu petugas damkar. ”Kami juga menyiapkan kon­tak telepon di nomor 0251-8642333. Ke depan kami bakal meluncurkan aplikasi Go Alarm, sehingga bisa mengetahui lokasi terjadi kebakaran,” pungkasnya. (ads/b/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *