33 Wisatawan Tenggelam di Pelabuhan Ratu

by -470 views

METROPOLITAN – Sebanyak 34 wi­satawan dilaporkan tenggelam di mo­men libur Lebaran di Pantai Selatan Kabupaten Sukabumi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 33 orang terselamat­kan dan satu orang meninggal dunia.

“Data terakhir yang dihimpun sejak H+1 Lebaran hingga Ahad (16/6), ada 18 kejadian kecelakaan laut,” kata Ke­pala Divisi Operasional, SDM dan Dik­lat, Badan Penyelamat Wisata Tirta Balawista) Kabupaten Suka­bumi, Asep Edom Saepuloh.

Ia mengatakan, dari 18 keja­dian itu ada 34 pengunjung yang menjadi korban tenggelam. Di mana sebanyak 33 orang ter­selamatkan dan satu orang meninggal dunia.

Pengunjung yang meninggal dunia adalah Ilham Handika (17) warga Kampung Kedung­halang Sleweran, Cilebut, Ka­bupaten Bogor. Ia tenggelam di Pantai Karang Hawu, Pala­buhanratu, Selasa (11/6).

Asep menerangkan, pada Ahad terjadi satu laka laut di Pos Is­tiqomah dengan satu orang terselamatkan yakni Rizki (13) warga Kabupaten Sukabumi. Korban tenggelam sekitar pu­kul 14:47 WIB.

Menurut Asep, mayoritas kor­ban tenggelam berhasil dise­lamatkan tim Balawista Kabu­paten Sukabumi. Tim ini mela­kukan tugas khusus pengama­nan wisata pantai liburan Hari Raya Idul Fitri. Di mana para petugas ini disebar di 16 pos penjagaan yang tersebar di belasan objek wisata Pantai Sukabumi.

Asep menerangkan, para pen­gunjung ke Pantai Sukabumi diperkirakan masih akan ting­gi. Sebabnya, saat ini juga mu­lai masuk pada musim liburan sekolah setelah momen kenai­kan kelas. “Kami akan terus menjaga, terutama pada momen akhir pekan Sabtu dan Ahad,” cetus Asep. (mam/run)