Anggota PPK Akui Terima Uang dari Caleg Perindo

by -4 views

METROPOLITAN – Kasus jual beli suara caleg yang melibatkan 12 Panitia Pemungutan Suara Kecamatan (PPK) di Kabupaten Karawang terus bergulir. Akhirnya, sebagian anggota PPK tersebut mengakui telah menerima uang dari caleg DPR RI Partai Perindo, Engkus Kusnaya Budi Santoso (Kusnaya).

Pengakuan tersebut diperoleh setelah Ketua KPU Kabupaten Karawang Miftah Farid memanggil 12 PPK yang dilaporkan Kusnaya. Dari 12 PPK yang dipanggil, hanya sepuluh PPK yang hadir, sementara dua PPK mangkir. Mereka adalah PPK Karawang Barat dan PPK Telukjambe Barat. ”Pemanggilan dilakukan guna meminta keterangan serta kebenaran, apa betul mereka menerima dana dari salah satu caleg DPR RI,” kata Miftah Farid, kemarin.

Berdasarkan keterangan Miftah, semua anggota PPK yang dikumpulkannya telah mengakui perbuatannya. Mereka menerima uang dari Kusnaya. ”Jadi memang benar 12 PPK itu telah menerima aliran dana pada tanggal 15 April 2019 dari salah satu caleg. Namun tidak sampai 100 persen, hanya 60 persen,” ungkapnya.

Berdasarkan keterangan Farid, uang yang diterima 12 PPK tersebut telah dikembalikan kepada Kusnaya meski tidak semuanya. Farid berkilah bila 12 orang bawahannya melakukan praktik jual beli suara caleg. Mereka tidak menjanjikan untuk mengubah suara caleg, semuanya setelah dilakukan pengecekan dari data hasil pleno. PPK hanya mengajak keluarga dan tetangga agar mencoblos salah satu caleg. Tidak ada satupun suara yang diubah dari rekapitulasi kecamatan sampai provinsi” kata Farid. (rmol/els/run)