Batasi Jumlah Pengunjung, MK Sediakan Tempat Nobar

by -
ILUSTRASI: Suasana sidang sengketa pilkada yang berlangsung di MK beberapa waktu lalu

Mahkamah Konstitusi (MK) tampaknya siap menggelar sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pada Jumat (14//6). Selain membatasi jumlah pengunjung sidang, MK sudah menyiapkan tempat khusus bagi yang ingin menyaksikan proses sidang

METROPOLITAN – MK memberlakukan pembatasan jumlah pengunjung yang bisa memasuki area ruang sidang sengketa hasil pilpres 2019. MK membatasi 15 orang untuk pihak yang terlibat dalam sengketa pilpres 2019. ”Diputuskan bahwa yang menyaksikan persidangan itu dibatasi masing-masing pihak maksimal 15 orang,” kata Juru Bicara MK Fajar Laksono.

Fajar beralasan, MK ingin menjaga sisi kondusivitas sidang sengketa pilpres 2019. Sebab itu, lembaga yang dipimpin Anwar Usman itu melakukan pembatasan. ”MK semata-mata memastikan bahwa sidang berjalan lancar,” ucapnya.

Meski begitu, pengunjung yang gagal memasuki ruangan sidang tidak perlu berkecil hati. Menurut Fajar, MK menyediakan televisi di area luar persidangan. Televisi tersebut nantinya menyiarkan langsung jalannya persidangan. ”Semua pihak, kami akan sediakan live streaming dan videotron,” katanya.

MK membuat dua tenda disertai layar besar untuk nobar persidangan di luar gedung. Selain itu, MK juga berencana menayangkan persidangan di megatron di kantor RRI dan Kemenhub. Fajar juga menyampaikan persidangan bakal disiarkan langsung di situs resmi MK. Beberapa stasiun televisi nasional juga akan menyiarkan secara langsung. ”Terbuka semuanya bagi publik. Hanya saja untuk kepentingan kelancaran persidangan, kita membatasi jumlah orang yang masuk ke ruang sidang,” tuturnya. (jppn/cnn/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *