Pesta demokrasi belum usai. Mahkamah Konstitusi (MK) diagendakan akan menggelar sidang perdana terkait gugatan sengketa pemilihan presiden (pilpres) 2019 yang diajukan pasangan Prabowo-Sandiaga. Sesuai jadwal, sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) itu akan dilakukan pada Jumat (14/6)

METROPOLITAN – komisioner  Bawaslu Kota Bogor Ahmad Fathoni mengatakan, terkait gugatan pilpres di MK, tidak ada gugatan yang ditujukan di Kota Bogor. Meski demikian, dirinya mengaku Bawaslu Kota Bogor tetap mempersiapkan sejumlah dokumen jika sewaktu-waktu dibutuhkan. “Jumat sidang perdana sengketa pilpres. Untuk di MK, kaitan dengan pilpres, kami tidak ada gugatan. Karena di Jawa Barat hanya di beberapa wilayah saja. Namun jika sewaktu-waktu diminta memberikan keterangan, maka kami siapkan,” kata Ahmad Fathoni.

Ia menjelaskan, data-data yang dipersiapkan di antaranya soal Laporan Hasil Pengawasan (LHP) pertahapan, mulai dari hasil pengawasan, laporan, rekomendasi dan dokumen-dokumen hasil kegiatan pengawasan. “Dipersiapkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Karena kami juga tidak tahu apakah kami dimintai keterangan atau tidak. Tapi sesuai arahan Bawaslu Jawa Barat, semua kota/kabupaten harus mempersiapkan,” terangnya.

Ia mengatakan, laporan yang telah disiapkan Bawaslu Kota Bogor diserahkan ke Bawaslu Jawa Barat. Nantinya Bawaslu Jawa Barat yang akan menyampaikannya langsung. Secara keseluruhan, Bawaslu Kota Bogor telah siap memberi keterangan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. “Kami memberikan laporan ke Jawa Barat, nanti Jawa Barat yang menyampaikan. Tapi jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk ikut memberikan keterangan, maka kita siap. Kami sudah mempersiapkan,” yakinnya.

Senada, Bawaslu Kabupaten Bogor juga telah mempersiapkan sejumlah dokumen dan laporan untuk sidang di MK. Salah satu data yang dipersiapkan adalah data penanganan kasus salam dua jari Gubernur Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri acara Partai Gerindra di Sentul beberapa waktu lalu. “Sudah kami siapkan. Karena ada permohonan pemohon seperti kasus Anies, kami sudah sampaikan hasil penanganan kami ke Bawaslu RI,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor Irvan Firmansyah.

Sebelumnya, MK akan menggelar sidang perdana terkait permohonan sengketa PHPU yang telah didaftarkan pihak pasangan Prabowo-Sandi pada Jumat (14/6). Agenda dalam sidang perdana itu adalah mendengarkan pokok permohonan dari pemohon, dalam hal ini pihak PrabowoSandi. Juru Bicara MK, Fajar Laksono, mengaku pihaknya juga sudah mengundang pihak termohon, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pihak terkait yakni Bawaslu dan kubu Joko Widodo-Ma’ruf Amin untuk hadir dalam sidang perdana tersebut. ”Di ruang sidang sudah kami undang termohon, pihak terkait agar semua ikut mendengarkan pokok permohonan pemohon, kemudian siap membuat jawaban keterangan,” ujar Fajar. (fin/run).

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here