Besok, KPU Serahkan Bukti ke MK

by -

METROPOLITAN – KPU akan menyerahkan bukti-bukti sebagai jawaban atas gugatan hasil pemilu 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Bukti itu akan diserahkan sesuai jadwal pada 12 Juni 2019. ”Hasil bukti diserahkan tanggal 12 Juni. Jadi kesempatan KPU untuk menyampaikan draf-draf jawaban ke MK dan juga alat bukti itu hari Rabu tanggal 12 Juni 2019,” ujar Komisioner KPU Hasyim Asyari.

Hasyim menyebut KPU juga akan menyerahkan jawaban secara tertulis kepada MK. Selain itu, beberapa alat bukti yang akan disampaikan berupa dokumen. ”Jadi jawabankan tertulis, kemudian dilampirkan daftar alat bukti. Sementara ini yang kita siapkan dokumen berupa surat dokumen, alat bukti kan bisa juga dokumen bisa juga kesaksian,” kata Hasyim.

Terkait saksi, Hasyim menyebut pihaknya menampilkan saksi sesuai keperluan gugatan. Menurutnya, saksi ini diputuskan setelah KPU melakukan kajian terhadapt gugatan. ”Soal kesaksian siapa yang akan dimintai kesaksian, nanti setelah kita mengkaji kronologi-kronologi, peristiwaperistiwa dan juga jawaban yang kita siapkan. Kira-kira diperlukan saksi atau tidak, kemudian kalau diperlukan saksinya itu siapa,” kata Hasyim.

Hasyim mengatakan, sesuai agenda MK maka sidang pertama gugatan pemilu ini akan dilakukan pada 14 Juni 2019. Sedangkan jawaban KPU dalam persidangan pada 17 Juni 2019. ”Sidang pertama hari Jumat tanggal 14 Juni 2019, agendanya pembacaan gugatan. Sidang pembacaan jawaban KPU hari Senin jadi tanggal 17 Juni 2019,” tuturnya. (dtk/ els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *