Bukan Duel Mudah

by -14 views

Argentina akan menghadapi Venezuela di Estadio do Maracana pada partai perempat final Copa America 2019, dini hari nanti. Argentina telah bersusah payah lolos dari penyisihan grup dan kali ini mereka dihadapkan pada sebuah tantangan yang tak kalah berat.

METROPOLITAN  РPemenang  partai ini akan berhadapan dengan salah satu dari tuan rumah, Brasil atau Paraguay, di semifinal. Akankah tersaji duel klasik Brasil vs Argentina di empat besar? Brasil sangat diunggulkan menang atas Paraguay, tetapi Argentina kurang meyakinkan. Selain itu, Venezuela juga bukan lawan yang mudah.

Argentina lolos sebagai runner-up Grup B di bawah Kolombia. Pasukan Lionel Scaloni memastikan kelolosan mereka dengan kemenangan 2-0 atas tim undangan Qatar di laga terakhir penyisihan grup, setelah sebelumnya ditumbangkan Kolombia 0-2 dan imbang 1-1 melawan Paraguay. Argentina baru mencetak tiga gol di Copa America 2019. Lionel Messi, Sergio Aguero dan Lautaro Martinez, masing-masing menyumbang satu gol untuk Argentina. Tiga nama itu juga diprediksi bakal mengisi lini serang Argentina dari menit awal saat menghadapi Venezuela. Venezuela adalah runner-up Grup A dengan lima poin.

Venezuela lolos setelah menang 3-1 atas Bolivia, yang didahului dua hasil imbang tanpa gol melawan Peru dan Brasil. Sama seperti Argentina, Venezuela juga mencetak tiga gol di penyisihan grup, tetapi mereka kebobolan lebih sedikit. Jika Argentina kebobolan tiga gol, Venezuela cuma kemasukan sekali. Dua dari tiga gol Venezuela dicetak Darwin Machis, sedangkan satu gol lainnya diciptakan Josef Martinez.

Argentina tanpa kemenangan dalam tiga laga terakhirnya melawan Venezuela. Setelah dua kali imbang di kualifikasi Piala Dunia 2018, mereka takluk 1-3 dalam laga uji coba di Kota Madrid pada Maret 2019. Waktu itu, Argentina cuma mencetak satu gol lewat Lautaro Martinez. Venezuela menang melalui gol-gol Salomon Rondon dan Jhon Murillo, serta penalti Josef Martinez. Argentina bertekad melangkah lebih jauh di Brasil 2019.

Untuk itu, mereka perlu memutus tren negatif kontra Venezuela. Venezuela bukan lawan yang mudah, tetapi Argentina punya modal bagus untuk menghadapi mereka. Modal bagus yang dimaksud adalah pulihnya kepercayaan diri para pemain usai mengalahkan Qatar dan memastikan kelolosan ke perempat final. “Kami main bagus dan menang, itu penting,” kata Messi setelah laga kontra Qatar. “Kami butuh pertandingan seperti ini untuk memulihkan kepercayaan diri dan memberi rasa tenang,” ujarnya.

Messi menilai bahwa kemenangan itu bisa memberi Argentina tambahan kekuatan dan membuat mereka semakin berkembang sebagai satu tim. Venezuela bisa mengancam. Namun Argentina yang mulai menemukan kembali kepercayaan diri mereka cukup pantas untuk difavoritkan menang. (bn/suf/run)