METROPOLITAN – Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, selalu mengalami kemacetan saat musim liburan tiba, terlebih saat libur Lebaran. Kepala Satlantas Polres Bogor, AKP Muham­mad Fadli Ami, menilai perlu ada pembukaan jalur baru menuju ka­wasan wisata tersebut. Menurut Fadli, salah satu solusinya bisa mel­alui pembangunan jalur Puncak II. Jalur Puncak II diprediksi bisa mem­bantu mengatasi kepadatan di Jalan Raya Puncak pada musim liburan. “Menurut saya, untuk solusi kema­cetan dan kepadatan di wilayah Pun­cak memang harus ada jalur baru,” katanya.

Antusiasme masyarakat memilih Jalan Raya Puncak menjadi salah satu alasan diperlukannya jalur al­ternatif baru. Sebab, kapasitas jalur Puncak sendiri bisa dibilang sudah tidak memadai jika dibandingkan jumlah kendaraan yang melintas. “Saat ini jumlah kendaraan dibandingkan kapasitas jalan itu ya bisa dibilang sudah tidak memadai, jadi perlu ada­nya rute baru,” ungkapnya.

Meski begitu, Fadli melihat Jalur Puncak II bukan solusi satu-satunya. Sebab, masih banyak jalan alternatif yang bisa dimaksimalkan untuk menunjang jalur Puncak. “Mungkin bisa memaksimalkan rute alternatif di Cileungsi-Jonggol atau rute alter­natif ke Sukabumi ya banyak cara, tapi benar-benar jalan tersebut harus siap dilewati masyarakat,” tandasnya. (tmp/fin/py)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here