Caleg Gerinda Kota Bogor Gugat Ke MK

by -
ILUSTRASI: KPU Kota Bogor mencatat saat ini baru ada satu caleg DPRD Kota Bogor yang gugat ke MK. Insert: Ketua KPU Kota Bogor Samsudin.

Hingga pertengahan Juni, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor mencatat baru ada satu calon legislatif (caleg) DPRD Kota Bogor yang mengajukan gugatan soal hasil pemilu 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Yakni caleg dari Partai Gerindra Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Bogor TimurTengah, HM Idris.

METROPOLITAN – Ketua  KPU Kota Bogor Samsudin mengatakan, belum ada lagi caleg DPRD Kota Bogor yang mengajukan gugatan ke MK selain caleg petahana tersebut. “Sampai hari ini (kemarin, red) belum ada lagi. Setahu kami yang digugat caleg yang bersangkutan itu soal perbedaan suara. Namun untuk detail permohonannya kami juga belum dapat dari MK,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Ia menjelaskan proses gugatan caleg tingkat kota/kabupaten mengajukan gugatan melalui DPP masing-masing partai politik (parpol). Dengan pihak tergugat KPU RI, penggugat DPP masingmasing parpol dan dengan pihak terkait KPU provinsi dan KPU kota/kabupaten. “Tetapi kami masih akan menunggu pada tanggal 1 Juli nanti, permohonan masuk ke buku register MK pada tanggal itu. Kepastian masuk registrasinya pada tanggal tersebut, apakah permohonannya diterima atau ditolak, termasuk dilanjutkan ke persidangan atau tidak,” jelas Samsudin.

Jika nantinya diterima, lanjutnya, sidang putusannya sendiri baru akan digelar pada 6-9 Agustus mendatang. Tidak bersamaan dengan jadwal sengketa pemilihan presiden (pilpres) sidang perdana 14 Juni lalu, dengan putusan pada 28 Juni. “Intinya baru satu (caleg, red) yang gugat karena perbedaan suaranya terhadap suara caleg di atasnya. Kita lihat saja nanti hasilnya sesuai jadwal,” pungkasnya.

Sementara itu, caleg Partai Gerindra HM Idris mengaku registrasi itu sudah diterima MK. Saat ini, pria yang akrab dengan PSB Bogor itu tengah berada di Sukabumi dan terus memantau proses yang tengah berjalan. “Diterima dan lanjut. Pelantikan sih tidak terpengaruh, paling penetapan saja,” tutup lelaki berkumis itu. (ryn/c/yok/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *