Disuntik Rp18 Miliar, Pemkot Tata Ulang Pusat Kota

by -7 views

METROPOLITAN – Tiga kawasan utama yang menjadi pusat keramai­an Kota Sukabumi akan ditata kem­bali pada Agustus 2019 mendatang. Rencananya ketiga kawasan tersebut akan dijadikan kawasan strategis de­stinasi pariwisata.

Ketiga kawasan itu yakni Lapangan Merdeka, Alun-alun Kota Sukabumi dan Jalan Ir H Djuanda atau Dago yang berada di depan Balai Kota Su­kabumi. “Penataannya akan segera dimulai pada Agustus 2019 nanti,” ujar Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan dan Kerja Sama Dae­rah Setda Pemerintah Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar, Rabu (19/6).

Dana pembangunan tersebut berasal dari bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Ba­rat (Pemprov Jabar) 2019. Be­saran alokasi dana yang diku­curkan mencapai sekitar Rp18 miliar.

Rinciannya, lanjut Rahmat, alokasi anggaran untuk pena­taan Lapangan Merdeka Rp7,5 miliar dan pedestrian Lapangan Merdeka Rp2,5 miliar. Sedang­kan untuk penataan Alun-alun Sukabumi Rp5 miliar dan un­tuk penataan Jalan Ir H Dju­anda Rp3 miliar.

Rahmat menuturkan, proses penataan tiga kawasan itu telah dilakukan, yakni dengan ber­bagai persiapan. Misalnya me­nyiapkan Detail Engineering Design (DED) dan proses lelang.

“Ketiga kawasan ini akan di­jadikan kawasan strategis de­stinasi pariwisata di Kota Su­kabumi. Ke depan bisa men­jadi daya tarik bagi para wisa­tawan untuk berkunjung ke Kota Sukabumi, selain objek wisata pemandian air panas Cikundul dan yang lainnya,” jelas Rahmat.

Pengembangan wisata ini salah satunya didasari fakta bahwa negara maju yang men­jadi sorotan karena keberha­silannya memajukan objek wisata. Kondisi ini memacu Kota Sukabumi untuk meng­gali potensi wisata yang ada di wilayahnya.

Harapannya potensi wisata ini bisa menjadi daya ungkit bagi pembangunan di daerah. Dengan demikian, roda perekonomian warga meningkat dan kesejah­teraan warga akan mengalami kenaikan dibandingkan sebe­lumnya. (re/feb/run)