Gaji Dipotong, Buruh Pabrik Plastik Mogok Kerja

by -11 views

KLAPANUNGGAL – Pasca Hari Raya Idul Fitri 1440 H, aktivitas karyawan di sejumlah perusahaan kembali se­perti biasa. Namun lain halnya dengan karyawan PT Dinito Karya Sakti yang melakukan aksi mogok kerja sejak Senin (10/6) di halaman perusahaan, Jalan Raya Narogong, KM 53, Blok C 6-7-8, Desa Kembangkuning, Keca­matan Klapanunggal.

Pabrik yang bergerak di bidang Plastic Manufacturing Industry yang beker­ja sama dengan Pertamina untuk kemasan oli dan lainnya pernah ditutup pada 2015 lantaran tidak ada izin ope­rasi yang ada hanya gudang.

Seorang buruh, Bayu, menerangkan, buruh yang aksi hari ini sekitar 200 orang yang gaji Mei dipotong. Besaran potongannya variatif. Selain itu, pe­rusahaan juga tak akan membayar gaji selama libur Lebaran.

”Sebelumnya kita disuruh tanda tangan kontrak, padahal kita kerja sudah di atas 4 tahun, bahkan ada yang belasan tahun, kenapa kita ma­sih dikontrak. Setelah kita tidak mau tanda tangan kontrak, eh malah gaji Mei mau dikurangi,” terangnya.

Di tempat yang sama, buruh yang sebelumnya mogok kerja malah ditak­uti dengan pemberhentian sepihak oleh perusahaan. Rumor pun terdengar adanya dugaan perusahaan bekerja sama dengan Karang Taruna setempat untuk membuka lowongan besar-besaran sekitar 300 karyawan baru.

Sementara sampai berita ini ditu­runkan, perusahaan belum bisa di­konfirmasi. (fik/els/py)