GOTONG-ROYONG SAMBIL SERAP ASPIRASI WARGA

by -1 views

CIGUDEG – Pejabat Semen­tara (Pjs) Kepala Desa (Kades) Sukaraksa Setia Aji memimpin langsung aksi gotong-royong yang dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Sukaraksa, Kecamatan Cigudeg, beberapa waktu lalu. Kegiatan itu meli­batkan warga yang tinggal di tempat permukiman relokasi Kampung Manglid.

GOTONG-royong tersebut merupa­kan program yang diinisiasi Setia Aji untuk mendorong semangat kerja sama masyarakat dengan perangkat desa dalam upaya memelihara, men­jaga dan merawat hasil infrastruktur pembangunan.

Setia Aji menjelaskan, gotong-royong tersebut dilaksanakan antara lain melakukan perbaikan dan pembersi­han saluran air (selokan, red) di per­mukiman kampung relokasi. ”Gotong-royong merupakan budaya bangsa Indonesia yang dilaksanakan seluruh warga sesuai kegiatan masing-masing,” katanya.

Tak hanya itu, ia juga menggelar dialog bersama masyarakat untuk menampung aspirasi di setiap dusun. “Dari dialog ini, semua hal bisa kita selesaikan dengan cepat dan baik. Kegiatan ini ke depannya harus terus kembali dibudayakan masyarakat, khususnya di Desa Sukaraksa,” ujar Setia Aji kepada Metropolitan, kema­rin.

Aji berharap kegiatan tersebut dila­kukan secara rutin. Sehingga akan menumbuhkan sikap saling tolong-menolong, saling membantu, suka­rela dan juga kekeluargaan dan membina hubungan sosial yang baik dengan masyarakat sekitar. “Selain itu bisa menciptakan rasa keber­samaan dan mempererat tali per­saudaraan. Sehingga dapat mering­ankan pekerjaan dan tercipta rasa persatuan dan kesatuan dalam ling­kungan masyarakat,” pungkasnya. (kmg/c/els/run)