HMI: Milenial Harus Konsisten Sikapi Demokrasi

by -4 views
ILUSTRASI: Ketua Umum PB HMI Respiratori Saddam Al Jihad (tengah) mengajak milenial sikapi demokrasi sesuai koridor.

METROPOLITAN – Jelang putusan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di Mahkamah konstitusi (MK), Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Respiratori Saddam Al Jihad ikut berpesan kepada kaum milenial. Dirinya mengajak generasi milenial onsisten menyikapi rangkaian pesta demokrasi sesuai koridor hukum demi kemajuan demokrasi dan mengokohkan kedaulatan rakyat.

Menurutnya, segala pihak yang menolak putusan MK berarti sedang menjalankan demokrasi tanpa koridor hukum. Dan hal itu sama dengan demokrasi criminal – meminjam istilah Prof Jeffrey Winters. “Setiap generasi bangsa harus sudahi politisasi demokrasi, politisasi gerakan, hingga politisasi keputusan konstitusional,” Saddam. Baginya, yang dibutuhkan saat ini adalah mendukung keputusan konstitusional untuk menatap keteraturan demokrasi. Merawat kaderisasi kebangsaan, dan menguatkan kepemimpinan kenegaraan untuk kekuatan bersama sebagai Indonesia.

“HMI sebagai generasi milenial siap untuk menjadi generasi pemersatu, bukan sebagai generasi provokatif,” terangnya. Selain itu, dirinya mengimbau agar para politisi taat hukum dan tidak melakukan provokasi kepada masyarakat maupun mahasiswa. “Jangan melakukan terus melakukan devide et empira demi kekuasaan. Itu seperti VOC di masa penjajahan. Generasi milenial dan PB HMI siap menjadi generasi pemersatu bangsa,” tutup Sadam. (jpnn/fin)