Honda Genio: Perpaduan Scoopy dengan Beat

by -
TRENDI: Honda Genio terlihat trendi bagi kawula muda. Motor matik Honda Genio dijual dengan harga mulai Rp17 jutaan. Skutik ini memiliki dua varian, yakni CBS dan CBS-ISS.

METROPOLITAN – Honda Genio menjadi pemain baru dalam pasar skuter matik (skutik) di Indonesia. Sepeda motor yang baru dirilis di Jakarta itu berselinder 110 cc. Motor matik Honda Genio dijual dengan harga mulai Rp 17 jutaan. Skutik ini memiliki dua varian. Yakni CBS dan CBS-ISS. Sebagai sebuah lini produk baru, Honda Genio menyiapkan desain agar dilirik oleh pengendara atau konsumen. Honda mengklaim Genio itu menyasar segmen anak muda. Oleh karenanya itu, di sektor desain pihak AHM mengaku desain Genio sangat memperhatikan apa-apa saja yang disukai anak muda.

Sekilas untuk kelas motor matik 110 cc, desain Honda Genio sangat mirip dengan Scoopy, meskipun AHM mengaku Genio berbeda dengan Scoopy. Perbedaannya, Honda Genio lebih kecil dari Scoopy. Dari sektor desain, sekilas motor matik 110 cc ini mirip dengan Scoopy. Sudah kami singgung sebelumnya dan pihak AHM mengaku Genio berbeda dengan Scoopy.

Namun kenyataan berkata lain, telak, Genio mirip sekali dengan Scoopy. Hanya saja ukurannya memang sedikit lebih kecil. Sepertinya Honda Genio lebih kepada gabungan atau kawin silang antara Honda Beat dan Scoopy. Menariknya Honda Genio secara umum lebih terlihat simpel, kasual, dan segar. Honda Genio memiliki dimensi yang terlihat compact, ideal untuk pengendaraan di kota besar yang lalu lintasnya cukup padat. Pada bagian depan, Honda Genio sudah menggunakan lampu LED yang diapit dengan dua buah lampu sign, di sisi kiri dan kanan.

Sementara pada bagian buritan, lampu belakang terlihat stylish dengan karakter garis yang lebih tegas sangat kentara. Desain itu berbeda dengan Scoopy yang cenderung membulat untuk sektor lampu utama dan lampu belakangnya. Masih di bagian belakang, terdapat lampu sign terpisah di bagian cover bodi. Tentunya memberikan citra modern dan pencahayaan optimal. Beralih ke bagian lain. Di bagian atas ada panelmeter yang keseluruhannya digital menyajikan berbagai informasi termasuk penunjuk kecepatan, odometer, bahan bakar, dan indikator ECO sebagai panduan berkendara efisien. Di bagian ini, kendati sudah serbadigital, panelmeter terkesan dipaksakan.

Sebab, hanya ada layar monokrom yang berbentuk persegi panjang dengan dimensi yang terbilang kecil. Jika dibandingkan dengan Scoopy, meski panelmeternya masih ada yang analog dengan adanya jarum sebagai indikator kecepatan. Desainnya masih lebih baik yang analog. Namun ini tak salah, hanya terkesan kurang estetis saja dengan peletakan layar panelmeternya yang ‘secuil’.

Di sisi kiri panelmeter ada tomboltombol. Tombol itu di antaranya adalah lampu jauh-dekat, klakson, dan tak lupa tuas lampu sign. Di bagian kanan, ada tombol Idling Stop System (ISS) untuk varian CBS-ISS dan tombol starter. Di bagian ini hanya ada tuas rem depan dan belakang dengan padanan CBS atau Combi Brake System (CBS), tangki minyak rem, spion dan hand guard berukuran kecil di ujung area genggam dan tuas gas. Turun ke bawah, ada area penyimpanan berupa laci kanan dan kiri. Di atas laci kanan, ada area kunci kontak sekaligus tombol bagasi belakang. Untuk Honda Genio, skutik ini masih menggunakan kunci konvensional.

Berbeda dengan varian matik Honda lainnya di kelas medium dan high-end yang sudah menggunakan teknologi keyless. Sampai kepada bagian bawah, area foot floor  atau lantainya terbilang sempit. menggunakan sepatu dengan ukuran 43, dengan sepatu ukuran segitu, hanya tersisa sedikit ruang di area lantai untuk bergerak kedepan dan kebelakang. Terbilang sempit jika kaki tak diserongkan ke kanan atau ke kiri. Untuk area pijak bagian penumpang, Honda Genio diberi sentuhan chrome pada bagian foot step penumpangnya. Tak ada yang istimewa di bagian ini. Masih bicara desain, seperti bisa dilihat pada gambar, Honda Genio tampak betul mirip dengan Scoopy. Bedanya hanya sedikit diberikan sentuhan garis-garis dan kesan tarikan saja agar bentuknya tak terlalu membulat seperti Scoopy.(jp/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *