Jaga Sampah, Pol PP Keliaran Malam Hari

by -
DITINDAK: Anggota Satpol PP Kecamatan Cijeruk tengah menindak warga yang diduga membuang sampah sembarangan di pinggir jalan.

METROPOLITAN – Setiap kecamatan memiliki cara tersendiri dalam mengatasi persoalan pembuangan sampah sembarangan di jalanan. Seperti yang dilakukan Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, mereka menempatkan sejumlah anggota Satpol PP di titik rawan pembuangan sampah yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab. ”Saya sudah perintahkan setiap anggota Pol PP berpatroli setiap hari,” kata Camat Cijeruk, Hidayat Saputra.

Menurut dia, giat patroli ini untuk meminimalisasi agar pelanggaran buang sampah bisa ditekan. Saat ini sudah ada beberapa orang yang didata. ”Kemarin kita sudah tangkap tangan orang yang sedang buang sampah sembarangan. Kita limpahkan pada Pol PP Kabupaten Bogor,” ujarnya. Satu bulan penuh, Hidayat menuturkan, anggota Pol PP Kecamatan Cijeruk akan melakukan patroli secara menyeluruh di tiap ruas jalan umum dan protokol. ”Saat ini sudah dilakukan patroli rutin di sepanjang jalur protokol Maseng-Cibadak, Cipelang-Tanjungsari dan Palasari,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, ia meyakinkan pihaknya tak segan terhadap oknum yang berani membuang sampah sembarangan di wilayahnya. Jika kedapatan melakukan pelanggaran, pihaknya akan memberikan sanksi tegas sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2015 tentang Ketertiban Umum. “Kita serahkan ke Satpol PP Kabupaten Bogor untuk ditindaklanjuti. Sanksinya lumayan berat, kurungan paling lama tiga bulan dan denda Rp50 juta,” ujarnya.(mul/b/ rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *