KOMPAK: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat halalbihalal bersama para kepala daerah di lingkungan Jawa Barat di Gedung Sate, kemarin

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil merasa prihatin dengan kondisi masyarakat yang sering berselisih lantaran perbedaan pilihan politik. Melihat kondisi tersebut, lelaki yang akrab disapa Kang Emil itu mengingatkan kepala daerah di Jabar agar selalu menjaga persatuan

METROPOLITAN – Pesan  tersebut disampaikan Kang Emil saat halalbihalal bersama para kepala daerah dan forum komunikasi pimpinan daerah di Gedung Sate, Kota Bandung, kemarin. “Nikmat iman Islam itu membuat kita punya tujuan yaitu ibadah. Makanya jadi gubernur juga niatnya semata karena ibadah. Ada awal pasti ada akhir. Jadi jangan khawatir, pasti berhenti,” kata Kang Emil.

Menurutnya, yang masih ngomongin politik sebaiknya nanti saja ketika 2023. Untuk saat ini, dirinya mengajak semua pihak membangun ukhuwah dan membangun Jabar juara lahir batin. “Jadi yang masih ngomongin politik, nanti saja 2023. Sekarang mah bangun ukhuwah, bangun Jabar juara lahir batin,” ungkapnya.

Kang Emil mengatakan, masyarakat harus bisa bersyukur dengan nikmat berbangsa dan bernegara yang Allah berikan. Sebab, tidak semua manusia mendapat kenyamanan bernegara seperti warga Afghanistan dan Suriah yang masih berperang. “Kadang saya sedih politik sering memisahkan kita, padahal kita sesama muslim. Saya hanya ingin mengingatkan, urusan duniawi jangan merusak ukhuwah islamiah kita. Termasuk urusan pilihan presiden, berbeda tapi syahadat kita sama,” ujar Kang Emil.

Dirinya menilai rusaknya sebuah negara muncul dari peperangan yang dipicu kebencian dan provokasi. “Kerusuhan datang dari kebencian yang diumbar dari beragam media, kebencian di media datang dari provokasi dan pikiran. Maka marilah kita berdamai sejak dari pikiran,” ajaknya.

Selain itu, di era digitalisasi saat ini, Kang Emil menitip pesan agar menjaga semua potensi yang menimbulkan polemik, kontroversi dan perpecahan sejak dari pikiran. “Jaga lisan, jaga tulisan posting-an,” pungkas Kang Emil.

Dalam halalbihalal kali ini, selain para kepala daerah, hadir pula mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, mantan penjabat Gubernur Jabar M Iriawan, Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Safriadi, para sekda kota/kabupaten dan para kapolres di Jabar. (rmol/ fin/run)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here