METROPOLITAN – Pengabdian Ketua RT 04/06, Kampung Nagrak, Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Yayat Ahmad Supriatna, sepuluh tahun belakangan berbuah manis. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memberikan tanda jasa saat Tegar Beriman Award yang akan digelar di Tegar Beriman, Rabu (12/6). Yayat dianggap berhasil membangun kepercayaan masyarakat dan aktif dalam berbagai kegiatan sosial di lingkunganya. Meski begitu, ia tak pernah menyangka bakal mendapat penghargaan.

Baginya, sepuluh tahun mengab­di ia hanya menjalankan amanat dari masyarakat sebagai ketua RT. Ia pun berkomitmen bersama ma­syarakat untuk selalu menjaga si­laturahmi dengan mengikuti semua kegiatan lingkungan. Contohnya seperti ronda, pengajian, kerja bakti dan selalu mendata warga, baik yang datang maupun yang pindah. “Nggak nyangka pas saya dinobatkan jadi ketua RT teladan,” ujar Yayat.

Selain itu, Yayat juga selalu aktif dalam semua laporan mengenai kondisi lingkungan ke pemerintah desa. Laporannya ini memudahkan pemerintah desa dan lainnya me­mantau dengan baik situasi di wi­layah.

“Tiga bulan sekali saya laporkan data warga ke pemerintah desa dengan membawa berkas KTP dan KK warga. Tujuannya agar dapat didata dengan baik oleh pemerintah desa dan saya akan terus menjaga amanat warga saya sampai kiprah saya sebagai ketua RT habis,” te­rangnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Cipelang, Iwannudin, menjelaskan, kriteria RT Teladan adalah yang aktif di lingkungan dan rajin mela­por ke desa. Melihat kegigihannya, pemerintah desa akhirnya mengu­sulkan untuk mengikuti seleksi RT Teladan. “Kami ajukan ke pihak kecamatan agar ketua RT 04/06 diseleksi sebagai ketua RT Teladan. Setelah itu ada seleksi di tingkat kabupaten. Alhamdulillah RT kita ini akhirnya terpilih sebagai ketua RT Teladan. Semoga menjadi con­toh bagi ketua RT lainnya,” harapnya. (nto/b/fin/py)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here