Kisruh PPDB DPR Panggil MENDIKBUD

by -
DAFTAR: Petugas saat melayani orang tua calon murid saat mendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

METROPOLITAN – Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, angkat bicara mengenai polemik Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB dengan sistem zonasi. Permasalahan ini telah dikomunikasikan dengan Komisi X yang menangani masalah pendidikan.

Menurut Bambang, pimpinan Komisi X mendorong dilakukan evaluasi terhadap sistem tersebut. Hal ini agar sistem zonasi bisa berjalan dengan baik dan tidak menyusahkan masyarakat. ”Beberapa kali saya sudah komunikasi dengan sejumlah pimpinan Komisi X. Mereka mendorong evaluasi, karena terdapat tujuan yang baik. Sistem ini memindahkan masyarakat untuk melakukan pendaftaran atau mencari sekolah, tapi realita terjadi beberapa kekisruhan,” bebernya.

Bambang menambahkan, Komisi X DPR RI mengundang Kemendikbud untuk membicarakan mengenai kekisruhan PPDB dengan sistem zonasi. Diharapkan dari pertemuan tersebut bisa segera ditemukan solusi untuk masalah yang terjadi. ”Kalau hari ini Komisi X itu mengundang Kemendikbud, kita berharap hari Ini ditemukan solusi untuk mengatasi itu sebelum terlambat. Yang terpenting jangan sampai ada anak didik kita yang dirugikan karena sistem ini,” ujarnya.

Selain itu, Bambang juga menanggapi banyaknya orang tua siswa yang melakukan protes, seperti yang terjadi di Surabaya, Jawa Timur. Ia meminta secepatnya dicarikan jalan keluar dari permasalahan tersebut. ”Ini yang harus dicari jalan keluarnya, harus dievaluasi,” ujarnya. (jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *