Kumpulkan Partai Koalisi dan Bertemu Jokowi

by -18 views
KUMPUL: Prabowo dikabarkan akan mengumpulkan anggota koalisinya usai pembacaan putusan MK

Pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berencana menemui pimpinan partai Koalisi Indonesia Adil dan Makmur setelah MK menggelar sidang putusan sengketa hasil pilpres 2019, pada 27 Juni 2019. Selain itu, mantan danjen Kopassus ini akan menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

METROPOLITAN – Juru  Bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade, mengatakan bahwa pertemuan dengan para partai koalisi itu akan membahas sejumlah hal. Satu di antaranya terkait kelanjutan nasib koalisi partai pendukung Prabowo-Sandiaga itu setelah putusan MK. ”Tentu semua dikembalikan ke teman-teman koalisi. Apakah masih di Koalisi Indonesia Adil dan Makmur atau bubar,” ucapnya.

Ia menjelaskan, Prabowo-Sandiaga membuka peluang bagi pimpinan partai koalisi menentukan nasib. PrabowoSandiaga tidak memaksakan koalisi tetap bertahan. ”Tentu harus ada diskusi. Insya Allah setelah MK selesai, Pak Prabowo akan bertemu pimpinan partai koalisi membahas ini,” katanya. Hal kedua yang juga penting, ungkapnya, pertemuan Prabowo dengan pimpinan partai koalisi akan membahas kemungkinan capres nomor urut 02 itu bertemu Jokowi setelah sidang putusan sengketa pilpres.

Menurutnya, Prabowo tidak akan ujug-ujug bertemu Jokowi tanpa diketahui pimpinan partai koalisi. ”Nanti di saat yang pas dan tepat, Prabowo akan berjumpa dengan Pak Jokowi untuk membicarakan kepentingan bangsa dan negara. Jadi untuk silaturahmi dan menurunkan tensi para pendukung,” ujarnya. Selain itu, tegas Andre, belum ada kesepakatan bahwa pihaknya gabung pemerintah dan menerima posisi menteri. BPN masih fokus masalah sengketa di MK serta mesti berkonsultasi dengan koalisi soal gabung tidaknya ke barisan pemerintah. ”Jadi belum ada deal-deal seperti isu dan rumor Gerindra menerima menteri,” pungkasnya. (jpnn/ mdk/els/run)