LIBUR LEBARAN, HOTEL DI PUNCAK PANEN

by -4 views

METROPOLITAN – Libur Lebaran menjadi berkah tersendiri bagi peng­elola hotel di kawasan Puncak. Perhim­punan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor mencatat hunian hotel di kawasan wisata ber­hawa sejuk ini meningkat hingga 75 persen. Meski libur Lebaran mayoritas hingga Minggu, hunian di Puncak ma­sih banyak yang terisi hingga Senin, (10/6).

Ketua Penelitian dan Pengembangan (Litbang) pada PHRI Kabupaten Bogor, Sofian, mengatakan, setelah Lebaran tren hunian terus meningkat. Bahkan, khusus Sabtu dan Minggu semakin padat. “Sampai Seninnya, di hari ter­akhir cuti, tingkat hunian masih ting­gi. Ini terjadi karena liburan sekolah masih ada,” terangnya.

Menurut dia, kondisi ini menjadi ha­rapan bagi pengelola hotel dan maka­nan. Ramainya wisatawan di Puncak berdampak positif ke penjaja jajanan khas Bogor yang ramai dibeli wisatawan. “Ada kenaikan. Bisnis hotel panen. Ha­nya hotel level melati di luar kawasan Puncak, seperti di Bogor Barat dan lain­nya tidak terlalu tinggi kenaikan huni­annya,” ungkapnya.

Untuk itu, Sofian mengaku pihaknya akan melakukan pembenahan agar pemerataan destinasi perhotelan bisa merata. Sehingga tingkat hunian di semua wilayah terus meningkat. Salah satunya melalui promo-promo menarik. (wrt/fin/py)