Max: KLB Bukan Tujuan Utama

by -
Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Max Sopacua, ditanyai wartawan seusai mengikuti pertemuan Majelis Tinggi partai Demokrat di Kediaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (9/7). Pertemuan yang berlangsung tertutup tersebut membahas kriteria Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden yang akan didukung Partai Demokrat dalam Pemilihan Presiden 2019. SP/Joanito De Saojoao.

METROPOLITAN – Usulan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat (PD) layu sebelum berkembang. KLB memang disebut bukan menjadi persoalan utama yang diangkat Gerakan Moral Penyelamatan PD (GMPPD). “Padahal bukan KLB yang jadi tujuan utama. Karena siapapun tidak akan menginginkan KLB. Banyak orang tidak paham persoalan politik secara utuh dan hanya memikirkan kepentingaan sesaat,” kata salah satu penggagas GMPPD, Max Sopacua.

Faktor penyebab dicanangkannya GMMPD yaitu penurunan suara PD sejak Pemilu 2009. Untuk diketahui, pada Pemilu 2009, PD mendapatkan 14.600.091 suara atau 20,85 persen. Sementara pada 2014, PD meraih 12.728.913 suara atau 10,9 persen. Pada Pemilu 2019, PD hanya memperoleh 10.876.507 suara atau 7,77 persen. “Partai Demokrat bisa dikatakan terpuruk, dan ini harus diatasi bersama. Perlu ada evaluasi, karena lima tahun lagi masih ada Pemilu,” ujar Max.

Anggota Majelis Tinggi PD tersebut menambahkan, para senior PD menginginkan konstituen tidak semakin meninggalkan partai. “Anda bisa bayangkan kalau ketika Pemilu 2019 itu, konstituen Partai Demokrat banyak yang lari atau memilih partai lain,” ucap Max. Inisiator GMPPD lainnya, Ahmad Mubarok mengatakan, politisipolitisi senior merasa prihatin atas kondisi PD. Menurut Mubarok, PD sepatutnya mengadakan pertemuan berupa rapat kerja nasional maupun rapat pimpinan nasional. (bs/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *