Penetapan Caleg Terpilih Tunggu Putusan MK

by -
ILUSTRASI: Ketua KPU Kota Bogor Samsudin saat memberi keterangan. F

METROPOLITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor memastikan waktu penetapan calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kota Bogor terpilih hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Jika tidak ada gugatan Pileg Kota Bogor ke MK, waktu penetapan akan lebih cepat.

Ketua KPU Kota Bogor Samsudin mengatakan, saat ini proses sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) untuk pemilihan presiden (pilpres) dan Pileg 2019 sedang berjalan di MK. MK akan terlebih dulu menyelesaikan sengketa pilpres dengan menggelar sidang perdana pada 14 Juni 2019. Putusan sengketa diterima atau tidak akan dilakukan pada 28 Juni 2019.

Untuk sengketa Pileg 2019, MK baru akan meregistrasi permohonan gugatatan pada 1 Juli 2019. Jika di Kota Bogor tidak ada gugatan ke MK, maka proses penetapan caleg DPRD terpilih bisa dilaksanakan pada 4 Juli 2019. Namun jika ada gugatan yang teregister, penetapan akan dilakukan setelah proses sidang gugatan selesai.

“Sejauh ini ada satu caleg DPRD Kota Bogor dari Partai Gerindra yang mengajukan permohonan gugatan ke MK terkait perbedaan hasil suara. Tapi kami masih menunggu kepastian apakah permohonannya diterima atau ditolak di MK pada 1 Juli nanti,” kata Samsudin. (pjb/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *