Perindo Dukung Gerindra Gabung Koalis

by -0 views

METROPOLITAN – Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesodibjo (HT) menyambut baik jika Partai Gerindra bergabung ke koalisi Jokowi-Ma’ruf Amin. Menurut dia, apabila banyak partai yang masuk ke kolisi Jokowi, akan semakin menguatkan dan memudahkan kerja pemerintahan lima tahun ke depan. ”Saya rasa kalau makin banyak (partai) merapat ke koalisi, makin bagus, makin solid di DPR kan. DPR itu kan kalau bisa bersatu kan bagus, nanti membuat UU cepat, fungsi DPR itu kan kan legislasi,” kata Hary Tanoe.

Dia juga menilai jika opisisi bergabung, maka akan mempermudah untuk mengawasi anggaran, mengubah dan membuat peraturan. Sehingga, proses tarik ulur yang selama ini kerap berlangsung di DPR tak terjadi lagi. ”Yang kedua masalah anggaran ymasalah pengawasan anggaran. Kalau misalnya makin bersatu, negara ya makin solid, pemerintah makin cepat larinya, membuat peraturan makin cepat, untuk membuat anggaran merubah anggaran pun juga cepat. Tidak perlu tarik ulur ya,” jelasnya.

Terkait opisisi yang mendapat jatah kursi di kabinet selanjutnya jika bergabung, Hary Tanoe tak mau berkomentar. Menurut dia, hal tersebut merupakan ranah Jokowi sebagai Presiden. ”Kalau itu ranahnya pak Jokowi. Jangan tanya saya. Kalau kabinet itu kan kewenangan Presiden,” tutur dia. (mdk/els)