Ponpes Wirausaha Buka Cabang ke Jateng

by -11 views

PARUNG – Pondok Pesantren (Ponpes) Al Muthmainnah Ibnu Ruslan yang dipimpin Ustadz Idris Nawawidi Desa Jabonmekar Parung segera ekspansi ke wilayah Jawa Tengah (Jateng). Pengurus ponpes mendapat wakaf tanah dari pengusaha waterboom yang menginginkan adanya pesantren berbasis wirausaha di kampung halamannya.

Menurut Ustadz Idris, wakaf tanah diberikan sahabatnya, Daskim yang ingin membangun ponpes di tanah kelahirannya. “Kami mendapatkan amanah tanah wakaf dari bapak Daskim, yang memang sesuai sekali dengan program pondok kami, bahwa kami tahun depan akan menyelenggarakan pesantren berbasis wirausaha, dengan program tingkat sekolah dari mulai TK S/D SMK,” terangnya.

Idris juga mengatakan, semua terjadi atas izin dan kehendak Allah SWT. Meski jarak antara Parung dengan Majenang Jawa Tengah cukup jauh, namun pihaknya optimis bisa mewujudkan apa yang menjadi program pesantren yakni membuka pesantren entrepreneur. “Selain berbasis wirausaha, santri akan dibekali keahlian membaca kitab-kitab salafi, qoriatul quran, juga program Tahfidzul quran yang menjadi program unggulan kami,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, pesantren entrepreneur di Majenang nantinya bisa jadi pilihan masyarakat untuk menitipkan anak-anaknya untuk menimba ilmu agama yang juga dibekali keahlian kewirausahaan serta keahlian lainnya yang berhubungan dengan zaman era globalisasi seperti sekarang ini. “Kami pengurus pesantren Almuthmainnah Ibnu Ruslan mohon doanya semoga Allah memberikan kemudahan, kelancaran, dan kesehatan kepada kami, sehingga wacana program pembangunan pesantren entrepreneur ini di Majenang Jawa tengah bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (khr/b/els)